Rawat Kulit Sensitif dengan Langkah Berikut Ini

kulit sensitif

Sebagai pemilik kulit sensitif, kamu pasti merasa sangat tidak nyaman saat mendapati kulitmu mudah gatal, ruam kemerahan, sampai iritasi parah. Beragam produk rasanya tidak cocok semua. Sulit berdamai dengan kulit sendiri karena setiap mencoba produk pasti menimbulkan efek macam-macam pada kulit. Tak perlu pusing sampai berlarut-larut. Merawat kulit sensitif memang butuh perhatian ekstra, tapi dengan begitu, kamu jadi lebih memahami kulitmu sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk merawat kulit sensitif. Yuk, disimak baik-baik.

 

Jangan Malas Mandi dan Ganti Baju

Kamu pasti punya beragam kegiatan setiap harinya. Kalau sudah lelah berkegiatan, biasanya muncul rasa lelah untuk segera mandi sehingga akan menundanya begitu saja. Yuk, stop kebiasaan buruk ini dari sekarang!

Semalas apapun, kalau kamu sudah berkegiatan seharian, bergegaslah mandi. Kalau tidak sempat mandi, setidaknya gantilah bajumu dengan yang bersih. Keringat yang menempel di kulit juga ikut menempel pada permukaan bajumu. Kalau dipakai terus-menerus, kulitmu yang sensitif akan jadi lebih mudah gatal dan iritasi. Bahkan, bisa jadi lebih parah, lho.

 

Pakai Sabun Khusus Kulit Sensitif

Kini, sudah banyak, lho, produk perawatan yang diperuntukkan khusus pemilik kulit sensitif. Biasanya, pada bagian kemasan tertera tulisan “hypoallergenic”, “gentle”, atau “non comedogenic” sebagai bukti bahwa sabun tersebut sudah diuji secara klinis aman bagi kulit sensitif. Pilihlah juga sabun yang tidak mengandung SLS (sodium lauryl sulfate), alkohol, dan pewangi (perfume). Ketiganya merupakan kandungan reaktif pada kulit yang sensitif sehingga baiknya dihindari.

Ciri utama sabun dengan kandungan SLS yang tinggi adalah banyaknya busa ketika sabun bercampur air. Nah, busa sabun ini sering membuat matamu pedih. Sementara itu, kandungan alkohol membuat permukaan kulitmu terasa kering. Ini justru terbalik, karena sebenarnya kulit yang sensitif membutuhkan kelembapan ekstra agar terhidrasi dengan baik.  Jadi, sebaiknya cari produk yang tidak memiliki tiga kandungan itu, ya.

 

Tidak Eksfoliasi Terlalu Sering

Kamu mungkin ingin menikmati lulur kesayanganmu karena aromanya yang harum dan menenangkan. Tapi perlu diingat kalau kulitmu sensitif, ada baiknya eksfoliasi hanya dilakukan seminggu sekali. Kalau sudah over exfoliated, kulit sensitifmu malah semakin menjadi parah. Pilihlah lulur dengan butiran yang lembut dan cukup menggosok kulitmu perlahan saja. Bilas sampai bersih agar tidak meninggalkan residu pada kulit. Jangan lupa untuk memberikan pelembab secukupnya setelah luluran supaya kulitmu tetap kenyal.

 

 

Itu dia tiga langkah sederhana untuk kamu pemilik kulit sensitif. Terasa merepotkan, ya, karena selain harus rajin besih-bersih juga perlu teliti setiap membeli produk. Tapi ingat, kamu jadi lebih paham kandungan produk apa saja yang bermanfaat bagi kulitmu. Beberapa sabun mandi yang dikhususkan untuk kulit sensitif memang terbilang cukup mahal. Namun, ini sebanding dengan kualitas dan hasilnya, kok. Kalau kamu lebih senang dengan produk yang natural juga tidak masalah, selama kamu paham dengan kandungan produk yang akan kamu pakai. 

Nah, kamu tahu tidak, di Aplikasi Titipku, ada banyak lapak UMKM yang turut memproduksi produk perawatan kulit dari bahan alami, seperti coconut oil, oats, dan aloe vera. Kamu tidak perlu khawatir dengan tambahan bahan kimia karena produk seperti itu dijamin aman untuk kulitmu yang sensitif. Penasaran? Download Titipku sekarang juga, yuk dan titipkan belanjaanmu ke Jatiper Titipku.

Tinggalkan Balasan