Sejarah Monster Nian yang Awali Perayaan Imlek

Titipku – Tiap tahun masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek. Pada tahun 2021 perayaan Imlek jatuh pada tanggan 12 Februari 2021. Dalam perayaan tersebut akan ada berbagai macam kegiatan dan juga makanan khas yang melimpah.  Sejarah Imlek sendiri ternyata bermula dari kemunculan sosok monster yang dinamakan Nian. Bagaimana kah cerita tentang Monster ini? 

 

Sejarah Nian Shou

Nian Shou adalah sesosok monster berkepala panjang dengan tanduk-tanduk runcing yang tajam. Sosok ini dahulu kala, diceritakan muncul tiap tahun baru untuk memangsa ternak bahkan warga desa!

Setiap tahun baru, Nian akan muncul dari permukaan laut. Hal itu membuat seluruh warga memilih mengungsi ke setiap penjuru gunung untuk menyelamatkan diri dari sosok monster tersebut.

Mereka sebisa mungkin menghindari dan mengosongkan desa tiap tahun baru tiba.

Selang waktu, di desa tersebut muncul orang tua yang bijak dengan rambut putih. saat seluruh warga desa lebih memilih melarikan diri dan bersembunyi di gunung, orang tua itu justru berdiam di desa dan menghadapi Nian seorang diri.

Saat warga desa kembali dari persembunyiannya, mereka terkejut karena mendapati desa mereka masih aman dan tidak terlihat ada kekacauan seperti tahun–tahun sebelumnya. Usut punya usut, ternyata orang tua bijak ini berhasil menghadapi Nian!

Cara yang digunakan orang tua tersebut adalah dengan menempelkan beragam kertas merah disetiap rumah warga. Orang tua itu juga membakar batang bambu sehingga membuat suara bergemeretak yang tak disukai Nian. Selain itu, orang tua itu menggunakan baju merah dan menyalakan lilin untuk mengusir sosok ini. Usut punya usut, Orang tua tersebut sudah tahu jika monster tersebut tidak menyukai suara hingar bingar dan ramainya warna merah.

Cerita ini diwariskan secara turun-temurun dan akhirnya menjadi ritual tahunan. Itulah mengapa hingga saat ini perayaan Imlek selalu identik dengan warna merah dan ritual membakar bambu sebelum ada perayaan dengan kembang api.

 

Dalam rangka memeriahkan perayaan Imlek 2021, aplikasi Titipku menghadirkan diskon 12% tanpa minimal belanja lho. Diskon dapat digunakan hanya pada tanggal 10 Februari 2021. Yuk siap-siap banjir diskon dari Titipku. Download aplikasinya sekarang!

Tinggalkan Balasan