Silica Gel, Si Kecil Multifungsi

Titipku – Sebagian besar orang mengetahui silica gel sebagai bungkusan kecil yang jika diraba terasa seperti butiran berukuran cukup besar. Biasanya silica gel terdapat di dalam kardus sepatu, biskuit kemasan kaleng, bahkan obat kemasan tabung. Dilansir dari bioindustries.co.id, silica gel adalah butiran seperti kaca dengan bentuk sangat berpori yang terbuat secara sintetis dari natrium silikat. Tahukah kamu, ternyata ada dua jenis silica gel dengan fungsi yang berbeda. Simak penjelasan berikut ini.

Silica Gel Putih

Jenis silica gel ini adalah yang paling pertama dan paling umum digunakan masyarakat. Silica gel putih ini bersifat aman, tidak beracun, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Fungsi dari silica gel putih adalah sebagai bahan pengawet dalam kemasan agar produk terhindar dari pertumbuhan bakteri, jamur, ataupun korosi. Biasanya produk-produk yang diberikan satu atau dua kemasan kecil silica gel putih ini adalah sepatu, alat elektronik, serta beberapa jenis mainan anak.

Sumber: Unggahan Instagram @agensilicagel

Silica gel putih ini sering disarankan oleh para fotografer karena mampu menjaga lensa dan bagian-bagian pada kamera dari serangan jamur yang sering mengintai. Kamu bisa membeli silica gel putih ini dan meletakkannya pada tas kameramu. Sebagai tambahan informasi, kamu juga bisa menjadikan silica gel putih sebagai media relaksasi, lho! Caranya yaitu dengan menuangkan silica gel putih ke dalam mangkuk kecil lalu tambahkan minyak esensial dengan aroma favoritmu. Ini bisa jadi alternatif lain pengharum ruangan.

Baca juga: 5 Tips Cara Merawat Batik agar Tak Cepat Pudar

Silica Gel Natural

Sama dengan jenis silica gel putih, silica gel natural juga tidak berbau, tidak berasa, dan bersifat aman karena tidak mudah terbakar. Perbedaannya terletak pada kegunaannya. Silica gel natural lebih dikhususkan untuk menjaga kualitas produk dalam kemasan tertutup. Sifatnya yang food grade membuat silica gel natural mampu menyerap kelembaban dan mencegah kerusakan pada produk-produk seperti biskuit kaleng ataupun obat-obatan.

Jika kamu berikeinginan untuk mempunyai bisnis produk makanan, maka, kamu memerlukan silica gel natural untuk menjaga produk makananmu tetap terjaga kualitasnya. Silica gel natural tidak disarankan dibuang selama produk belum habis dikonsumsi. Oleh sebab itu, kalau kamu menemukan silica gel natural dalam kemasan obat atau multivitamin, jangan dibuang ya!

#dirumahaja

Meskipun berukuran butiran-butiran kecil, silica gel ini punya manfaat yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Nah, silica gel ini dijual bebas di pasaran, jadi tak perlu khawatir kalau kamu ingin membelinya untuk kebutuhan pribadi. Melalui aplikasi Titipku, kamu bisa coba berselancar dan memesan silica gel putih maupun silica gel natural secara daring #DariRumah. Kamu tinggal klik dan bayar sejumlah pesanan lalu menunggu pesananmu sampai. Mudah, bukan? Tertarik belanja di Titipku? Klik di sini, ya!

 

Tinggalkan Balasan