Starter Kit Wajib saat Bepergian di Masa Pandemi

Titipku – Terhitung sejak 27 Juli 2020, jumlah kasus positif korona di Indonesia sudah menyentuh angka 100.000. Jumlah ini meningkat drastis sejak kasus pertama akibat Covid-19 diumumkan pada 2 Maret 2020 silam. Dilansir dari nasional.kompas.com, tercatat ada lima provinsi dengan penambahan jumlah kasus baru tertinggi, yaitu DKI Jakarta (376 kasus), Jawa Timur (310 kasus), Jawa Tengah (191 kasus), Sulawesi Selatan (136 kasus), dan Kalimantan Selatan (118 kasus). Kini, penularan virus korona sudah terjadi di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Semakin tingginya angka positif pasien yang terinfeksi virus korona membuat kita harus lebih berhati-hati lagi dalam berinteraksi, khususnya jika diharuskan berkegiatan di luar rumah. Pemerintah sudah menghimbau agar masyarakat terus proaktif dalam proses pencegahan penularan Covid-19. Angka positif tersebut akan terus meningkat jika kita lalai melakukan pencegahan. Penerapan social distancing saja tidak akan berjalan maksimal jika kita malas memakai masker dan enggan menjaga kebersihan. Berikut ini adalah starter kit yang wajib kita miliki dan selalu dibawa saat bepergian ke luar rumah di masa pandemi virus korona.

Masker

Ada banyak sekali model masker yang bisa dipakai di kala pandemi seperti ini. Kamu bisa memakai masker non medis sekali pakai yang dijual bebas di pasaran ataupun masker kain yang dijahit sendiri. Setidaknya, kamu harus mempunyai 2—3 masker. Masker yang kamu kenakan hari ini cukup dipakai satu kali saja. Kalau kamu memakai masker kain, cucilah masker tersebut dengan air panas dan jemur sampai kering untuk dipakai lagi di kemudian hari. Kini, ada banyak pegiat bisnis yang menjual berbagai macam masker kain dengan beragam motif, warna, dan ukuran yang bisa menyesuaikan keinginanmu.

Hand Sanitizer atau Sabun Cair

Kamu wajib membawa hand sanitizer di dalam tasmu saat pergi ke luar rumah. Ingat ya, hand sanitizer-mu harus mengandung alkohol minimal 70% agar mampu membunuh bakteri pada tangan. Pakailah hand sanitizer setelah memegang tas belanja atau barang-barang di supermarket. Kalau kamu kesulitan mendapatkan hand sanitizer, kamu bisa membawa sabun cair yang sudah dimasukkan ke dalam botol kecil berukuran 10—15cm. Ini cukup membantu jika tempat umum yang kamu datangi tidak menyediakan tempat cuci tangan. Kamu hanya perlu pergi ke toilet dan mencuci tanganmu sampai benar-benar bersih.

Tissue Basah/Kering

Tissue basah ataupun tissue kering juga setidaknya harus tersedia di dalam tasmu. Selain bisa mengelap keringat pada wajah, tissue kering juga bisa dipakai sebagai lapisan masker kainmu. Sementara itu, tissue basah bisa dipakai untuk membersihkan bagian lengan keranjang belanja saat kamu pergi ke supermarket. Sudah banyak juga produk tissue basah yang dipasarkan dengan menyertakan kandungan alkohol 70% di dalamnya.

Alat Makan Pribadi

Tidak hanya mengurangi sampai plastik, alat makan pribadi juga membantumu untuk selalu menjaga kebersihan dan mencegah penularan Covid-19 saat makan di luar. Ada baiknya kamu membawa botol minum, sendok, garpu, sumpit, atau sedotan milikmu sendiri. Simpanlah dalam sebuah kotal kecil yang bisa dibawa kemanapun. Jangan lupa untuk langsung membersihkannya setelah dipakai, ya!

Perlengkapan Beribadah Pribadi

Kalau kamu seorang Muslim, sebaiknya kamu membawa perlengkapan beribadahmu sendiri. Ada banyak mukena dan sajadah dengan bahan yang tidak terlalu tebal sehingga mudah dibawa saat bepergian. Ini juga menjadi salah satu cara pencegahan penularan virus korona yang efektif, lho!

#dirumahaja

Meskipun bawaan di dalam tasmu jadi lebih banyak dan sedikit lebih berat, dengan membawa barang-barang yang disebutkan di atas, kamu juga turut berperan aktif dalam mencegah persebaran virus korona. Jangan malas untuk berkontribusi demi kesehatan, ya! Kalau kamu ingin membeli starter kit wajib tersebut, kamu bisa mengakses aplikasi Titipku. Ada banyak pilihan masker kain, hand sanitizer, botol kecil, alat makan, ataupun perlengkapan beribadah pribadi yang bisa kamu pesan #DariRumah secara daring. Jangan khawatir, semua pesanan akan tiba di tanganmu dengan aman. Menarik, kan?  Yuk, unduh Titipku sekarang!

 

Tinggalkan Balasan