Tampil Menawan dengan Kebaya Lilit

Titipku- Budaya Jawa merupakan salah satu budaya yang memiliki ciri khas yang unik dan penuh makna filosofis. Contohnya saja pada pakaian adat. Orang Jawa akan mengenakan kebaya saat menghadiri acara-acara pernikahan maupun acara syukuran dan semacamnya. Mereka akan kelihatan anggun dan menawan ketika mengenakan kebaya jarit yang digunakan sebagai bawahan pakaian.

Kebaya Lilit, Via Instagram kebayaa29

Keanggunan tersebut akan terlihat dengan jelas ketika sedang berjalan. Namun, cara pemakaian kebaya lengkap itu cukup memakan waktu lama. Ketelatenan dengan memperhatikan kerapian kain adalah langkah yang menjadi perhatian dalam proses pemakaiannya. Tapi tidak perlu khawatir, bagi kamu yang ingin tampil menawan dengan mengenakan kebaya, kamu dapat memakai kain lilit sebagai pengganti jarit untuk bawahan kebaya.

Apa itu kain lilit?

Kain lilit merupakan salah satu wujud modifikasi jarit yang digunakan untuk wanita. Hasil inovasi satu ini merupakan produk kreatif yang dirasa simpel dan menarik. Pemakaiannya juga tidak memakan waktu lama bahkan dapat terpakai rapi dalam hitungan detik saja. Motif kain lilit merupakan motif batik sama seperti kain jarit pada umumnya. Hanya saja kebanyakan dari kain lilit merupakan batik cap bukan batik tulis.

Karakteristik umum dari batik cap terletak pada variasi warna dan motifnya. Warna-warna yang ada bisa lebih beragam ada yang memang mencolok ada juga yang kalem. Begitu pun dengan ragam motifnya. Meski jarit yang asli memiliki motif tersendiri untuk setiap penggunaannya, akan tetapi jarit dengan model kain lilit ini menyediakan lebih banyak variasi jarit. Sehingga cocok digunakan untuk berbagai acara, tidak hanya acara formal saja.

Bagaimana cara memakainya?

Perlu diketahui kain lilit sendiri didesain khusus dengan dilengkapi tali yang cukup panjang. Bentuknya lembaran seperti kain jarit hanya saja sudah diukur sesuai dengan bentuk tubuh. Cara memakainya cukup dengan dibentangkan layaknya memakai jarit pada umumnya kemudian dililitkan lalu di tali. Kain lilit akan terlihat menawan karena dilengkapi pula dengan lipatan-lipatan wiru pada bagian depan.

Jadi, pastikan untuk tidak terbalik ketika melilitkan kain yang hendak dipakai. Tali kain lilit sudah tergolong kuat, sehingga tidak perlu khawatir akan terlepas. Namun, bagi kamu yang mempunyai kekhawatiran kalau nanti lilitan akan rusak, kamu bisa memakai korset sebagai pengganti sabuknya. Dengan begitu, kain lilit akan lebih kuat dan tidak takut terlepas.

Kain lilit kini sudah tersedia di banyak tempat penjualan pakaian baik offline maupun online. Jika kamu ingin belanja online, kamu bisa menggunakan Aplikasi Titipku. karena aplikasi ini menyediakan berbagai produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat.

Ayo cari produk impianmu bersama  Titipku!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan