Ternyata Tidak Semua Pisang Bisa Digoreng Lho!

Titipku – Kalau ditanya apa makanan khas Indonesia, mungkin gorengan bisa jadi salah satunya. Entah mengapa masyarakat Indonesia sangat suka dengan makanan-makanan yang serba digoreng, dari tempe goreng, tahu goreng, bakso goreng, pisang goreng, bahkan kol dan terong goreng. Memang gorengan terasa nikmat apalagi jika dimakan selagi hangat di saat musim hujan. Asalkan tetap mengingat jumlah kolesterol dan lemak yang dikonsumsi setiap harinya. 

Ngomong-ngomong soal gorengan, kamu tau gak sih kalau tidak semua jenis pisang itu bisa digoreng? Jenis pisang yang beragam menghasilkan karakteristik yang berbeda pula. Pisang yang bisa digoreng adalah pisang dengan tekstur padat dan agak keras sehingga tidak mudah hancur ketika digoreng. Nah berikut ini adalah jenis-jenis pisang yang cocok untuk digoreng.

Pisang Kepok

sumber: mommyasia.id

Jenis pisang yang paling sering dijadikan pisang goreng adalah pisang kepok. Daging buahnya cukup keras dan padat sehingga tidak menyerap minyak berlebih ketika digoreng. Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah pisang kepok yang benar-benar matang agar pisang gorengnya menjadi semakin lebih nikmat. 

Pisang Tanduk

sumber: jurnalbumi.com

Pisang tanduk mudah dikenali karena cukup panjang (sekitar 25-30cm) dan bagian ujungnya melengkung seperti tanduk. Jika ingin dikonsumsi langsung, pisang tanduk memiliki rasa yang manis dan sedikit masam. Bagi yang tidak menyukai rasa masamnya, biasanya akan memilih untuk digoreng. 

Pisang Uli

sumber: 8villages.com

Jenis pisang yang terakhir adalah pisang uli. Pisang uli menjadi favorit banyak orang karena berukuran sedang sehingga tidak terlalu kenyang ketika dikonsumsi. Meskipun sering dikonsumsi secara langsung, pisang uli juga cocok untuk digoreng karena teksturnya padat dan berpati, sehingga tidak akan merusak lapisan tepung ketika digoreng. 

Nah, tips untuk menggoreng pisang agar tidak terlalu berminyak ketika dikonsumsi adalah jangan menggunakan api yang terlalu kecil. Masukkan yang sudah dilumuri tepung ketika minyak sudah benar-benar panas sehingga pisangnya tidak akan menyerap banyak minyak. Selain itu, jangan menumpuk pisang goreng ketika ditiriskan. Aturlah posisi pisang yang ditiriskan berjajar sehingga minyaknya tidak akan banyak menempel.

#dirumahaja

Cocok banget nih, pisang yang kamu cari-cari untuk digoreng semua tersedia di Titipku. Kamu cukup unduh Aplikasi Titipku di sini, lalu mulai menjelajah barang-barang kebutuhanmu. Barang-barang yang ada di Titipku merupakan olahan dan produksi UMKM Indonesia lho! Yuk belanja lewat Titipku sekarang!

 

Tinggalkan Balasan