Tips Agar Minyak Goreng Bekas Tidak Cepat Keruh

Pada dasarnya, minyak goreng bisa digunakan lebih dari sekali. Akan tetapi, minyak goreng bekas perlu dirawat agar tidak berubah warna, keruh, dan berbau tengik. Kamu tidak mau kan makananmu menjadi cepat gosong atau berbau tidak sedap gara-gara kamu menggorengnya dengan minyak bekas yang tidak layak pakai?

Untuk itu, berikut tips-tips yang bisa digunakan untuk membuat minyak bekas jernih dan tidak bau tengik:

 

  • Endapkan Semalaman

Cara menjernihkan minyak goreng paling mudah adalah dengan mengendapkannya semalaman. Teknik ini biasa digunakan untuk minyak yang usai menggoreng bahan bertepung. Pastikan minyak terendap sempurna dan jangan biarkan minyak teraduk saat digunakan lagi.

Baca Juga: Cara Bijak untuk Mengurangi Limbah Minyak

  • Gunakan Segenggam Nasi

Setelah selesai menggoreng, biarkan minyaknya sampai suhu tidak terlalu panas. Selanjutnya, ambil segenggam nasi dan kepalkan hingga padat. Masukkan nasi ke dalam minyak, lalu bolak-balik sampai semua kotoran dan remah menempel pada nasi. Hal ini bisa digunakan untuk menjernihkan minyak bekas.

  • Jernihkan Minyak dengan Kentang

Selain sekepal nasi, kamu juga bisa menggunakan kentang. Cara untuk membersihkannya tak jauh berbeda dengan nasi. Kupas kentang lalu potong menjadi beberapa bagian sama besar. Potongan kentang lalu dimasukkan ke dalam minyak yang masih panas. Aduk-aduk kentang hingga seluruh kotoran dan remah sisa makanan menempel. Terakhir, angkat kentang sebelum gosong, sehingga tidak membuat minyak keruh atau berbau.

  • Saring Minyak dengan Kulit Pisang

Kulit pisang bisa dijadikan saringan minyak bekas. Caranya, tipiskan kulit pisang dengan sendok, lalu letakkan kulit pisang di atas wadah. Tuangkan minyak ke wadah yang baru yang sudah diberi saringan dari kulit pisang.

  • Berikan Arang yang Dihaluskan

Arang dapat menyerap kotoran dengan sangat baik. Caranya, haluskan arang dengan cara ditumbuk. Jika sudah halus, masukkan dua genggam serbuk aram ke dalam minyak bekas. Aduk sampai benar-benar rata lalu tunggu sebentar. Jika sudah tampak bersih, saring minyak.

Baca Juga: Minyak Goreng Penyebab Kolesterol, Fakta atau Mitos?

  • Gunakan Serai untuk Hilangkan Bau

Memarkan dua batang serai lalu masukkan ke dalam minyak bekas yang masih bersuhu panas. Biarkan serai di dalam minyak selama dua jam. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap dari minyak bekas.

*****

Memang dalam mengolah minyak goreng bekas membutuhkan waktu dan usaha, tapi cara ini lebih baik daripada minyak bekas yang tidak bersih membuat masakan gosong, berbau tidak sedap, dan tidak sehat bagi tubuh kita. Buat kamu yang terburu-buru dan tidak sempat membersihkan minyak, ada baiknya untuk membeli minyak yang baru.

Kalau mau beli minyak goreng baru, di Titipku ada diskon minyak dan gula nih! Ada diskon pembelian minyak goreng dan gula pasir di Diamond Supermarket Kelapa Gading pakai Titipku. Promo berlaku hingga 6 Maret 2021. Info selengkapnya bisa kamu cek di Instagram @titipkuofficial.

Ayo download aplikasi Titipku dan belanja minyak dan gula dengan harga murah.

Link Toko Diskon : https://titipku.page.link/DUxA
Periode Promo       : 4 – 6 Maret 2021

 

Sumber: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/naufal-al-rahman-1/tips-menjernihkan-minyak-goreng-bekas-bebas/6

Tinggalkan Balasan