Tips Mencuci Boneka di Rumah

Titipku – Selama masa pandemi Covid-19 ini, kita dianjurkan untuk sebisa mungkin berkegiatan di rumah saja dan hanya bepergian jika dalam situasi yang sangat diperlukan. Nah, salah satu kegiatan untuk mengisi rasa suntuk karena #DiRumahAja adalah membereskan dan membersihkan barang-barang di rumah. Kamu bisa menyortir baju lamamu, menyusun ulang buku-bukumu, atau membersihkan koleksi barangmu, termasuk boneka. 

Meskipun hanya sebagai pajangan di pojok kamar, boneka juga harus rutin dibersihkan, lho! Jangan kamu anggap boneka pajangan itu akan selalu bersih walau hanya sebagai teman tidur. Selain itu, boneka yang kamu simpan di dalam lemari kaca juga ada baiknya kamu cek kondisinya. Coba periksa setiap bagian pada boneka, adakah jamur yang menempel dan mengotori bonekamu atau tidak. Tempat yang tertutup, seperti lemari, bisa menjadi tempat jamur berkembang biak. Kalau sudah begitu, apa kamu masih tahan memeluk bonekamu yang penuh kuman dan jamur itu? Yuk, simak tips mencuci boneka di rumah, baik dengan tangan atau mesin cuci berikut ini.

Mencuci dengan Tangan

Sama seperti mencuci baju dengan tangan, prinsip mencuci boneka dengan tangan juga tidak jauh berbeda. Kamu perlu melarutkan sedikit detergen dengan air. Pilihlah detergen cair yang aman untuk tangan. Tidak disarankan menggunakan air panas ataupun hangat untuk mencuci boneka karena bisa mempengaruhi serat pada boneka.

Sebelum mencuci, jangan lupa untuk melepas semua aksesoris yang menempel pada bonekamu, ya! Rendam sebentar boneka di dalam larutan detergen tadi selama beberapa menit saja. Kamu bisa memanfaatkan sikat gigi bekas yang masih bersih untuk menyikat noda pada boneka. Sikat perlahan sampai noda memudar, lalu kucek sedikit dengan tangan. Peras dengan menekan-nekan boneka sampai sekiranya tidak banyak air menetes dari bonekamu kemudian jemur sampai kering. Ingat ya, jangan memelintir boneka saat memerasnya. Jemur di tempat yang terkena sinar matahari sampai benar-benar kering.

Mencuci dengan Mesin Cuci

Tidak semua boneka dapat dicuci langsung dengan mesin cuci. Boneka berbahan wol, boneka berbulu, boneka yang berisi butiran-butiran styrofoam, boneka berkancing, dan boneka yang sudah cukup rapuh karena sudah lama sebaiknya dicuci dengan tangan saja. Kalau tidak, boneka kesayanganmu bisa rusak di dalam mesin.

Sama seperti mencuci dengan tangan, siapkan air dengan sedikit detergen cair di dalam mesin cuci. Lepas semua atribut pada boneka kemudian bungkus boneka menggunakan sarung bantal. Ini dilakukan demi menghindari adanya bulu atau bagian pada boneka yang tersangkut di dalam mesin cuci saat proses pencucian. Kamu tidak perlu mengeringkan boneka di dalam pengering karena hawa panas yang ditimbulkan mesin bisa berpengaruh pada material boneka. Cara yang lebih aman adalah memerasnya kemudian jemur seperti biasa di bawah sinar matahari

#dirumahaja

Sekarang sudah tahu, kan, bagaimana cara mencuci boneka agar tidak merusak serat kain atau bulu pada boneka? Sertakan juga detergen dengan formula yang aman dan lembut. Bicara tentang detergen, kini aplikasi Titipku hadir untuk memudahkanmu berbelanja berbagai kebutuhan rumah, termasuk detergen, lho! Tenang saja, ada banyak produk lain yang dipasarkan dan bisa dipesan #DariRumah dengan aplikasi satu ini. Kamu juga bisa mencari boneka untuk tambahan koleksi pribadimu. Penasaran ingin mencoba? Gunakan Titipku sekarang juga!

 

Tinggalkan Balasan