Tips Mengelola THR Lebaran di Masa Pandemi

Selain menyambut Bulan Ramadan yang penuh berkah, mayoritas karyawan di Indonesia juga siap menyambut Tunjangan Hari Raya yang juga disebut sebagai THR. THR adalah oase bagi tiap karyawan karena bagi mereka yang sudah bekerja selama setahun, bisa mendapatkan 1 kali gaji tambahan jelang hari raya.

THR ini biasanya dibagikan ke saudara dan anak-anak saat hari raya. Akan tetapi, tahun ini dirasa tidak perlu sebab perayaan masih harus dilakukan dari rumah masing-masing akibat pandemi. Ini justru menjadi kesempatan bagi kamu untuk menabung THR.

Melansir dari Kumparan, ada beberapa tips untuk mengelola uang THR.

 

  • Bayar Cicilan dan Tunggakan

Bayarlah hutang-hutang dan cicilan yang kamu punya dengan uang THR. Hal ini menjadi sangat penting, sebab, hampir semua orang tidak jelas nasibnya akibat pandemi. Jika hal buruk terjadi, seperti terkena PHK, setidaknya tanggunganmu sudah berkurang karena sudah ditutup dengan uang THR.

Baca Juga: 5 Buah Populer Saat Bulan Ramadhan

 

  • Sisihkan ke Dana Darurat

Prioritas selanjutnya adalah dana THR yang masuk ke pos dana darurat. Hal ini tentu saja akan sangat berguna di saat terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan pekerjaan, mobi dan motor rusak, dan lain sebagainya.

Seperti yang dikatakan di awal, kondisi pandemi ini penuh ketidakpastian. Jadi, alangkah baiknya untuk mempersiapkan banyak pundi keuangan selain tabungan jangka panjang.

Baca Juga: Fakta Unik Ramadhan di Indonesia

 

  • Tabung untuk Mudik Kelak

Sisihkan dana THR untuk disimpan sebagai biaya mudik jika kondisi sudah membaik. Sejak 2020, Pemerintah Indonesia melarang warganya mudik untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Hal ini wajib dipatuhi agar kondisi bisa segera membaik. Jika kondisi sudah normal, kamu bisa mudik dengan uang THR yang sudah kamu tabung.

Baca Juga: 7 Persiapan Menyambut Ramadhan Yang Perlu Kamu Tahu!

 

  • Jadikan ‘Dana Nganggur’

Jika dana THR masih tersisa atau tidak memiliki rencana mudik, kamu  bisa mengalokasikannya pada ‘dana nganggur’. Prioritas terakhir ini dapat digunakan untuk membeli segala kebutuhan hari raya. Kamu juga bisa mengalokasikan untuk ditabung kembali atau memasukkan pada dana investasi seperti reksa dana atau lainnya.

 

 

Itu dia cara-cara untuk mengelola THR lebaran saat masa pandemi. Intinya: ingat bahwa situasi sedang tidak tentu, sehingga perlu banyak percencanaan keuangan yang tepat. Kamu juga perlu belanja dengan bijak dan hemat agar stabilitas keuangan tidak goyah.

Bicara belanja bijak dan hemat, tentunya di Titipku dong. Banyak pilihan produknya, dan tersedia di berbagai area pasar. Cuss download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan