5 Buah Populer Saat Bulan Ramadhan

Titipku – Buah-buahan menjadi incaran banyak orang di saat bulan ramadhan seperti ini. Selain menyegarkan, buah juga mengandung banyak vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Buah-buahan dapat disajikan dalam berbagai macam seperti sup, jus, salad, bahkan tak jarang disantap secara langsung. Tentu itu tergantung kesukaan masing-masing orang dalam penyajiannya.

Banyak sekali buah-buahan yang sebelumnya jarang kita temui di pasaran, menjadi banyak dijajakan selama bulan ramadhan ini. Diantara buah-buah yang dijual, buah yang memiliki kandungan air dan serat yang tinggi menjadi incaran kebanyakan orang. Tujuannya tak lain untuk meredakan dahaga setelah seharian berpuasa. Berikut 5 buah yang paling banyak diburu oleh masyarakat dan tentu akan mudah kamu temui di pasaran:

Timun

Buah yang sekilas nampak seperti pepaya ini akan mudah sekali kamu temukan di pasar-pasar buah. Warnanya yang kuning cerah dengan kulit buah yang halus memang tidak begitu mengundang selera ketika dilihat. Berbeda halnya dengan buah-buah dengan warna merah yang notabenya memiliki rasa manis. Hal itu tepat sekali dengan rasa dari timun suri yang cenderung hambar.

Namun, jangan salah. Walaupun hambar justru inilah yang dapat memberikan kesegaran ketika dihidangkan dengan sirup atau pemanis semacamnya. Cukup fleksibel karena rasa apapun bisa masuk. Biasanya orang-orang lebih suka menggunakan sirup rasa melon untuk menyajikan buah satu ini.

Belewah

Buah belewah memiliki ciri fisik yang bulat sedikit lonjong dengan kulit berwarna bercak-bercak kehijauan. Tampak sekilas seperti labu namun dengan ukuran yang kecil. Soal rasa tidak jauh berbeda dengan timun. Hanya saja buah satu ini cenderung sedikit lebih manis.

Biasa dihidangkan dengan dicampur aneka sirup atau pemanis lainnya. Belewah juga dapat dikombinasikan dengan buah-buah lain seperti pepaya maupun melon. 

Resep Menu Es Blewah Simple

Semangka

Buah satu ini memang mudah didapati kapanpun dan dimanapun. Hanya saja untuk bulan puasa akan jauh lebih mudah didapatkan dengan harga yang beragam tentunya. Semangka merah lebih menjadi incaran daripada semangka kuning.

Keduanya memang memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga dapat membantu meredakan dahaga. Buah ini dapat menjadi alternatif untuk berbuka puasa. Bisa disajikan dalam soup buah bersama dengan melon atau cukup dikonsumsi langsung. 

Kurma

Buah asal tanah suci ini akan mudah kamu temukan ketika mendekati bulan puasa. Selain sebagai persediaan selama 1 bulan kedepan, buah ini juga memiliki kandungan yang baik untuk pencernaan. Rasanya yang manis dapat menggantikan konsumsi gula setiap harinya.

Disunnahkan pula untuk berbuka puasa cukup dengan segelas air putih dan tiga butir kurma sebelum akhirnya makan berat. Kurma sendiri memiliki ragam yang cukup banyak. Dari segi ukuran saja juga beragam. Tentu ini sesuai dengan jenis dari setiap kurma. Harganyapun juga beragam untuk setiap jenisnya.

Baca juga: 5 Tips Kurma Tahan Lama dan Tetap Segar

Kolang Kaling

Bagi kamu yang suka membuat takjil seperti sup buah, pasti tidak akan melewatkan buah satu ini. Kolang kaling memang tidak bisa dikonsumsi sendirian. Selain rasanya yang hambar, warna dari buah inipun juga tidak menarik.

Sumber gambar: resepkoki.id

Namun, begitu disajikan bersamaan dengan buah-buah lainnya dan ditambahkan sirup atau susu buah ini menjadi sangat nikmat. Tak jarang sup buah seolah tak lengkap jika tidak ada buah satu ini. 

#DIRUMAHAJA

Kelima buah diatas cocok dijadikan solusi untuk berbuka puasa yang menyehatkan. Namun, tetap sesuai kadarnya, ya! Selama pandemi, kamu tetap harus menjaga jarak aman saat berbelanja. Untuk meminimalisir penyebaran virus, kamu juga dapat membelinya secara online lewat Aplikasi Titipku. Dengan berbelanja melalui Titipku, kamu sudah turut membantu kelangsungan hidup UMKM Indonesia.

Cek dulu beberapa UMKM penjual buah dan kurma dibawah ini:

  1. Lapak Buah Mbak Puji https://titipku.page.link/MXPT
  2. Kios Buah Sri Handayani https://titipku.page.link/CFWc 
  3. Lapak Buah Mas Riski https://titipku.page.link/gJDA
  4. Toko Kurma Doa Ibu https://titipku.page.link/Qo3H
  5. Lapak Buah Ibu Dewi https://titipku.page.link/NLh9

Titipku  menyediakan berbagai produk UMKM yang mudah kamu temukan di sekeliling lokasi tempat tinggal kamu. Segera pesan sebelum kehabisan! Caranya mudah, download aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku. Jadi, buah apa yang menjadi incaranmu selama bulan ramadhan ini? 

—–  Dengan membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis Anda telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

 

Tinggalkan Balasan