Tips Merawat Buku agar Tidak Mudah Kuning

Titipku – PSBB resmi diperpanjang sampai waktu yang belum ditentukan. Akibatnya, masyarakat harus melakukan semua hal dari rumah lagi meski sudah sempat beraktivitas di luar. Bagi yang sudah membeli banyak buku namun belum sempat membacanya, sekarang adalah waktu yang tepat karena kita memiliki banyak waktu di rumah. Bagi kamu yang kutu buku, tentu kamu menyadari bahwa buku-buku yang kamu miliki akan cepat menguning jika tidak dirawat dengan baik. Nah, bagi kamu yang belum paham merawat buku-buku yang kamu miliki, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut.

Menyampul Buku

Meskipun tidak 100% mencegah buku menguning, setidaknya dengan menyampul buku akan mencegah jamur-jamur datang dengan cepat. Gunakan sampul plastik yang bening lalu sampul dengan rapi. Biasanya, beberapa toko buku menawarkan jasa menyampul buku ketika kamu selesai membeli. Kamu bisa meminta tolong teman untuk menyampulkan buku yang kamu miliki jika kamu tidak bisa menyampul dengan rapi.

Hindari terkena sinar matahari langsung

Buku memang harus disimpan di tempat yang memiliki kelembaban dan sirkulasi udara yang baik. Akan tetapi, menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung justru malah akan membuatnya cepat menguning dan bergelombang pada lembaran-lembarannya. Usahakan rak buku yang kamu miliki tidak terkena sinar matahari langsung ya. Jangan menyimpan buku di dalam kardus karena buku tidak akan mendapat sirkulasi udara yang baik. 

Beri Sedikit jarak antar buku

Usahakan kamu memiliki rak buku agar dapat menatanya dengan posisi berdiri. Posisi berdiri ditujukan untuk melindungi jilid buku. Nah, selanjutnya adalah jangan menata buku terlalu ketat. Beri sedikit jarak antar buku agar udara masih bisa keluar masuk. Misalnya saja, satu baris rak buku mampu menampung sepuluh buku namun dengan posisi yang sangat rapat, kamu cukup menggunakan tujuh atau delapan buku saja supaya tidak terlalu rapat. Dengan begitu, masih terdapat sedikit udara di antara buku-buku yang kamu susun di rak. Di sisi lain, kamu juga mudah untuk mengambil buku yang ingin kamu baca dengan mudah. 

#dirumahaja

Selama PSBB masih berlangsung, belanja pun sebaiknya dilakukan #DariRumah. Lewat Aplikasi Titipku, belanja dari rumah bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan murah lho. Barang-barang yang terdapat di Aplikasi Titipku merupakan produksi UMKM Indonesia. Yuk bantu UMKM Indonesia di masa pandemi ini dengan belanja lewat Titipku!

 

Tinggalkan Balasan