5 Sayuran yang Cocok untuk Program Diet

sayuran, timun, sayur, veggie, vegetable, vegetables, diet, program diet, sayuran untuk program diet, bayam, brokoli, cabai, seledri

sayuran, timun, sayur, veggie, vegetable, vegetables, diet, program diet, sayuran untuk program diet, bayam, brokoli, cabai, seledri

Sedang menjalani program diet? Maka sebaiknya Anda juga memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh saat diet. Sayuran adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Dengan rutin memakan sayur saat menjalani diet, maka besar kemungkinan kebutuhan gizi Anda akan tetap tercukupi meski porsi makan berkurang.

Melansir dari Detik.com, ada lima jenis sayuran yang cocok untuk program diet loh. Apa saja itu? Simak informasi berikut.

 

  1. Bayam

Selain mudah ditemukan dan harganya yang relatif murah, bayam bisa diolah menjadi beragam masakan dan minuman, seperti: jus, smoothies atau sayur kuah bening untuk sarapan. Sayuran hijau yang satu ini terkenal sebagai makanan sehat dengan segudang manfaat. Bayam mengandung kalsium, vitamin A, potassium. Bayam berguna untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh, yang penting dalam proses penurunan berat badan.

Selain itu bayam sangat rendah kalori, jadi cocok untuk program diet. Per 100 gram sayur bayam kisaran kalorinya sekitar 23-26 kalori saja. Biasanya bayam ini diolah menjadi menu omelet untuk sarapan yang lebih bergizi dan sehat. Cek resep omelet dengan bayam enak di sini.

  1. Brokoli

Mirip seperti bayam, brokoli juga mudah ditemukan dan bisa dinikmati sebagai menu sarapan yang sehat. Brokoli ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme. Karena sayuran hijau ini mengandung glucoraphanin. Glucoraphanin membantu mengembalikan metabolisme pada tubuh agar lebih seimbang. Rajin mengonsumsi sayuran ini bisa menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko berbagai penyakit terkait penuaan dan usia.

Sayuran ini aman dikonsumsi saat diet karena per 100 gram, kandungan sekitar 34 kalori saja. Selain itu ada kandungan vitamin C di dalam brokoli yang mencegah tubuh agar tidak gampang jatuh sakit.

  1. Mentimun

Populer disantap sebagai lalapan atau acar, siapa sangka mentimun juga baik untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh. Peningkatan metabolisme ini bisa berpengaruh ke penurunan berat badan loh. Kalori yang terkandung di dalam mentimun ini jauh lebih rendah dibandingkan sayuran bayam atau brokoli. Setiap 100 gram mentimun, hanya mengandung 15 kalori saja. Selain itu kandungan airnya yang banyak membuat tubuh lebih segar di pagi hari. Tak ketinggalan kandungan kalium yang ada di dalam mentimun. Untuk menunya sendiri biasanya mentimun bisa diolah menjadi jus pengganti buah di pagi hari.

  1. Cabai

Penggemar makanan pedas ternyata bisa menurunkan berat badan dengan bantuan dari cabai. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cabai bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Serta meningkatkan oksidasi lemak. Kandungan cabai yang terdapat capsaicin, membuat tubuh terasa lebih hangat atau panas setiap kali makan.

Rasa hangat ini lah yang dapat membakar kalori hingga 100 kalori. Jika Anda kuat dengan sengatan rasa pedas, cabe bisa ditambahkan ke dalam menu sarapan tentunya dengan porsi yang wajar. Rata-rata kandungan kalori 100 gram cabe sekitar 39 kalori saja.

  1. Daun seledri

Masuk ke dalam sayuran dari keluarga Apiaceae, daun seledri terkenal rendah kalori dan karbohidrat. Sayuran satu ini juga terkenal atas kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Selain itu berbagai vitamin seperti vitamin K, B6, hingga vitamin C juga terdapat di dalamnya. Setiap 100 gram daun seledri, setara dengan 16 kalori. Daun seledri ini bisa mengatur metabolisme lemak pada tubuh. Serta menjadi cadangan nutrisi agar tubuh tak gampang lapar dan lemas.

 

Butuh kelima sayuran di atas untuk memperlancar diet Anda? Beli saja di Titipku. Belanjanya nggak pakai ribet dan repot pokoknya. Kurir Titipku yang bernama Jatiper juga sudah berpengalaman, jadi bisa memilihkan sayur dengan kondisi yang segar. Mau? Download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan