5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan

TitipkuSayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi harian untuk mengimbangi asupan karbohidrat dan protein. Tak hanya diolah menjadi lauk makanan pokok, saat ini sudah marak jus sayur hijau atau yang biasa dikenal dengan “green juice”.

Sayuran berwarna hijau mengandung banyak vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, folat, hingga zink. Jika “polosan”, rasa jus sayur hijau memang cenderung pahit dan agak langu. Biasanya, untuk mengurangi rasa pahit tersebut disiasati dengan buah yang manis atau sedikit asam. Selain membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh, green juice ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa rekomendasi sayuran hijau yang bisa diolah menjadi jus yang menyehatkan.

1. Brokoli

Saat ini brokoli juga sudah sangat mudah ditemui di pasaran. Brokoli mengandung banyak gizi seperti kaempferol, kaya akan antioksidan, dan fitonutrien yang padat. Adapun kandungan vitaminnya, yaitu vitamin A dan Vitamin C. Serta ada kandungan zat besi dan zink, sehingga semakin menguatkan alasan bahwa sayur ini baik untuk dibuat jus.

Nutrisi dalam brokoli dapat membantu untuk menangkal penyakit atau penuaan dini akibat radikal bebas, melawan peradangan, dan melawan sel kanker. Brokoli mengandung molekul bioaktif, sehingga mampu mengurangi inflamasi atau peradangan.

Tak heran, jika sayuran ini masuk ke dalam 20 makanan terbaik versi Aggregate Nutrient Density Index.

Jika tidak tahan dengan rasa dan aromanya, jus ini dapat dicampur dengan beberapa jenis makanan lain seperti kayu manis, perasan jeruk, atau madu.

2. Kale

Kale punya julukan keren yaitu “The Queen of Greens” dan tentunya dikategorikan sebagai sayuran sehat. Sayuran ini kaya akan antioksidan, betakaroten, vitamin A, C, dan K yang sangat baik untuk tubuh.

Sudah bukan rahasia lagi jika antioksidan mampu menetralisir radikal bebas dan membantu melindungi diri dari penyakit jantung, termasuk kolesterol jahat.

3. Seledri

Pasti tak sedikit yang terkejut bahwa potongan sayuran yang biasa ditaburkan di atas kuah soto atau bakso ini, bisa dibuat jus. Atau banyak yang memakanya sebagai penghias makanan. Sama seperti kebanyakan sayur hijau lainnya, seledri ternyata kaya akan antioksidan, vitamin, A, C, K, kaemferol, asam kafeat, dan asam ferulat.

Dengan mengonsumsi jus seledri, dipercaya mampu membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan melawan penyakit kronis. Jus seledri dapat dikombinasikan dengan buah lemon, apel, atau sayuran hijau lainnya.

4. Kubis

Sayuran yang sering ada dalam soto pun, bisa dibuat jus yang menyehatkan. Selain mengandung vitamin C, kubis juga mengandung Vitamin K, B6, dan B9. Kubis masih berkerabat dekat dengan brokoli, kale, dan bunga kol. Mengonsumsi sayuran ini secara rutin, dapat membantu menurunkan risiko diabetes, peradangan, dan penyakit jantung.

5. Bayam

Sayuran ini bisa dibilang sebagai sayuran paling populer di Indonesia. Cara menanamnya pun juga mudah, sehingga banyak yang menanamnya di kebun atau pekarangan sendiri. Bayam kaya akan vitamin A dan C. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh juga akan mendapat asupan antioksidan. Salah satu manfaatnya, bisa membuat kulit menjadi lebih bersih dan awet muda.

Bayam dengan kandungan vitamin A yang tinggi, sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Bagi penderita GERD atau penyakit asam lambung, sayur bayam dapat menjadi pilihan sebagai “obat” karena jika bosan dengan olahan sayur sebagai pendamping makanan berkarbo, tak ada salahnya untuk mencoba jus sayur. Manfaatnya tak kalah baik dengan jus buah. Jus sayur juga tidak mengandung banyak gula, sehingga tidak berisiko memicu penyakit apabila dikonsumsi berlebihan.

Di masa pandemi saat ini, permintaan sayur juga semakin tinggi. Pasti sudah banyak pula yang mulai menyadari akan pentingnya manfaat sayuran untuk menjaga stamina tubuh.

#dirumahaja

Ketika membatasi belanja keluar rumah, aplikasi Titipku bisa menjadi solusi yang tepat untuk #TitipBelanja sayuran dan kebutuhan dapur lain yang dibutuhkan. Ada Jatiper yang siap datang ke UMKM-UMKM terdekat untuk membelanjakan segala jenis kebutuhan sayur harian.

Ayo Titip Belanja di Titipku!

Tinggalkan Balasan