5 Tanaman yang Bermanfaat untuk Dapur

tanaman, tanaman yang bermanfaat, tanaman yang bermanfaat untuk dapur, daun bawang, daun seledri, jeruk purut, daun pandan, daun mint

tanaman, tanaman yang bermanfaat, tanaman yang bermanfaat untuk dapur, daun bawang, daun seledri, jeruk purut, daun pandan, daun mint

Bagi Anda yang sering berurusan dengan dapur, tentunya Anda paham bahwa ada beberapa tanaman yang selalu dibutuhkan. Hanya saja selama ini kita lebih memilih untuk membelinya dari pedagang sayur keliling. Padahal, tanaman yang bermanfaat di dapur ini sebenarnya mudah ditanam sendiri loh.

Asal punya pekarangan kecil atau pot dan media tanam, kelima tanaman yang bermanfaat di dapur ini bisa tumbuh subur, dan bisa kita panen untuk dimasak/diolah. Melansir dari Idntimes.com, berikut 5 tanaman yang bermanfaat untuk dapur:

 

  • Daun Pandan

Daun pandan cukup terkenal untuk hidangan nusantara. Selain bisa jadi pewarna hijau alami, daun ini juga bisa memberikan aroma yang harum pada makanan. Pandan bisa ditanam di pekarangan, baik itu di kebun maupun dalam pot. Sebaiknya pilih bibit pandan yang baik dan tanah yang telah bercampur pupuk atau kompos agar tanaman ini bisa tumbuh secara subur.

  • Daun Bawang

Daun bawang cukup penting perannya, terutama untuk makanan berkuah. Daun bawang mampu menambah rasa gurih yang nikmat terhadap makanan berkuah. Bila Anda memiliki akar daun bawang atau bibit tanaman tersebut, maka cukup dikubur dalam pot dan siram secara teratur agar tanaman dapat berkembang.

  • Jeruk Purut

Jeruk purut tidak hanya digunakan buahnya, melainkan daunnya juga. Daun jeruk bisa digunakan untuk menambah aroma yang segar pada makanan. Untuk mengembangbiakkan tanaman jeruk purut, bibit buah jeruk dapat ditanam dalam pot ataupun kebun, pastikan tanah dalam kondisi baik dan telah dicampur dengan kompos.

  • Daun Seledri

Apa jadinya sup tanpa seledri? Daun seledri bisa memberi rasa dan aroma yang khas pada sup. Daun ini pun dapat ditanam dekat rumah, termasuk di dalam pot dengan memanfaatkan bagian ujung batang seledri. Namun pastikan bahwa tanaman mendapat air yang cukup supaya bisa tumbuh dengan baik.

  • Daun Mint

Daun mint memiliki banyak sekali manfaat baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara benar. Selain itu, tanaman ini kerap dicampur dengan the atau sejumlah makanan sebagai penambah aroma yang khas. Daun mint bisa ditanam sendiri di pekarangan, termasuk dalam pot bercampur tanah dan pupuk.

*****

Itulah lima tanaman yang bermanfaat di dapur yang bisa ditanam secara mandiri. Anda bisa mencoba untuk menanamnya secara langsung. Atau, jika Anda terlalu sibuk, Anda bisa membeli saja di pedagang pasar terdekat. Untuk membelinya, Anda bisa membeli tanaman-tanaman di atas #DariRumah pakai Titipku. Jatiper Titipku sudah handal dalam memilihkan produk titipan, sehingga produk yang diantar dijamin segar dan berkualitas. Yuk download Titipku dan mulai belanja aman dari rumah.

Tinggalkan Balasan