5 Tips Makan Sahur Agar Tidak Lemas Selama Puasa!

Titipku – Masih mengalami pandemi Virus Korona tidak menghentikan kesibukan dan semangat masyarakat Indonesia dalam menjalankan puasa. Tidak makan dan minum selama hampir empat belas jam, asupan makanan saat sahur sangat penting untuk menjaga stamina selama berpuasa hingga berbuka.

Makan atau minum sembarangan saat sahur justru malah dapat membuat tubuh lebih cepat lemas saat berpuasa. Akibatnya, tubuh malah menjadi kekurangan nutrisi karena tidak mendapat makanan yang cukup. Kamu dapat mengikuti tips-tips berikut ini saat sahur supaya mendapat stamina yang cukup untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Perhatikan 5 Hal ini:

Jauhi Makanan Pedas dan Bersantan

Makanan pedas dan bersantan tidak cocok dikonsumsi saat sahur karena jenis makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dalam tubuh. Sehingga, tubuh akan mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencerna makanan tersebut. Kamu akan menjadi cepat lemas dan lapar di siang hari. Selain itu, makanan pedas dan bersantan juga dapat memicu peningkatan asam lambung yang dapat menyebabkan mual dan sakit perut. Hindari kedua jenis makanan ini saat sahur ya!

Hindari Makanan Instan

Makanan-makanan yang dapat dibuat instan seperti nugget, sosis, mie instan juga tidak cocok dikonsumsi saat sahur. Makanan instan mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terus-menerus. Di samping itu, makanan instan hanya mengenyangkan sementara. Kamu akan menjadi cepat lapar di siang hari. Hindari bukan berarti tidak dibolehkan sama sekali ya. Sesekali untuk variasi kamu bisa mengonsumsi makanan instan.

Pilih Menu dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan asupan wajib saat sahur sebagai sumber energi. Akan tetapi, nasi tidak selalu menjadi sumber karbohidrat utama. Kamu dapat mengonsumsi nasi merah, oatmeal, atau roti gandum sebagai ganti nasi. Makanan-makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks dan serat sehingga dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan yang menyebabkan kamu tidak cepat lelah. 

Asupan Protein yang Cukup

Selain karbohidrat, protein juga bisa menjadi sumber energi cadangan yang diperlukan oleh tubuh. Makanan kaya protein dapat memberikan energi secara konstan setelah dikonsumsi. Telur, ikan, ayam, daging sapi, tempe, merupakan sumber protein yang baik. Namun, jangan dikonsumsi terlalu banyak ya!

Perhatikan Asupan Cairan

80% tubuh kita adalah air, maka dari itu kita sangat bergantung terhadap air untuk menjaga agar tubuh kita tetap terhidrasi. Masalah umum saat berpuasa adalah dehidrasi. Selalu konsumsi dua sampai delapan liter air setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi.

#dirumahaja

Untuk memenuhi kebutuhan sahur dan berbuka, kamu dapat berbelanja #DariRumah lewat Titipku. Dengan berbelanja lewat Aplikasi Titipku, kamu turut membantu UMKM Indonesia yang terdampak Virus Korona. Kamu cukup memesan belanjaan kamu lewat Titipku dan akan diantarkan sampai rumah. Tunggu apalagi, unduh Titipku sekarang!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Kamu juga bisa #BerbuatBaik dengan memberikan bantuan 10.000 Paket Sembako kepada pemilik UMKM. Donasi mulai Rp10.000,- silahkan klik link: https://kitabisa.com/titipkulawancorona?utm_source=socialsharing_campaigner_web_b95a8bbf59c20f31043ddcd39d9fe522&utm_medium=share_campaign&utm_campaign=share_detail_campaign

Bersama-sama, kita berjuang melawan korona. Dukung UMKM Indonesia lawan korona!

Tinggalkan Balasan