6 Tradisi Khas Perayaan Kemerdekaan di Indonesia

perayaan kemerdekaan, kemerdekaan 17 agustus

perayaan kemerdekaan, kemerdekaan 17 agustus

Bulan Agustus memang menjadi bulan yang spesial bagi seluruh warga Indonesia. Sebab, pada 17 Agustus, ada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Biasanya, sebelum 17 Agustus, akan ada sejumlah tradisi khas yang dilakukan sebagai perayaan kemerdekaan. Mungkin saat ini tidak bisa dilakukan karena pandemi. Kira-kira, ada tradisi khas perayaan kemerdekaan seperti apa sih? Simak informasi berikut ini yang dikutip dari Merdeka.com

 

Pedagang Bendera di Pinggir Jalan

Seminggu sebelum 17 Agustus,kita bisa melihat bendera dan umbul-umbul merah putih bertebaran di mana-mana. Mulai dari gapura kampung, gedung-gedung pemerintah, hingga di pinggiran jalan. Dari manakah hiasan kemerdekaan itu? Tentunya dibeli dari para pedagang bendera yang mendadak menjamur di tepi jalan raya. Maklum, pedagang musiman pun ingin meraup rupiah ekstra dengan memanfaatkan momen 17 Agustus.

Lomba-Lomba

Beberapa hari menjelang 17 Agustus, biasanya kampung dan sekolah-sekolah mengadakan perlombaan. Yang paling khas adalah lomba-lomba bergaya tradisional seperti balap karung, panjat pinang, dan menangkap belut. Hadiah yang ditawarkan biasanya tak seberapa. Tetapi momen kebersamaan dan kemeriahannya yang dicari para peserta.

Sayangnya selama pandemi, lomba-lomba ini tak bisa diadakan. Namun kita tetap bisa melakukan lomba lain secara virtual. Beberapa ide lomba online bisa Anda baca artikelnya di sini!

Renungan Suci

Tengah malam menjelang 17 Agustus, do taman makam pahlawan biasanya diadakan renungan suci untuk mengenang dan menghayati perjuangan para pahlawan yang sudah pergi mendahului kita. Acara seperti ini tak hanya dihadiri kalangan militer. Warga sipil pun ikut hadir menyaksikan tradisi yang cuma muncul setahun sekali ini.

Upacara Bendera

perayaan kemerdekaan, kemerdekaan 17 agustus

Upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan merupakan hal yang lumrah di negara manapun. Namun bangsa kita memang sangat antusias dengan tradisi yang satu ini. Tak hanya sekolah dan institusi pemerintah, hampir setiap kantor swasta mengadakan upacara bendera. Upacara kenegaraan pun jadi tontonan menarik di televisi bagi warga. Tak hanya jalannya upacara, tampilnya paskibraka yang bertugas juga selalu dinanti.

Selamatan Kampung

Selamatan kampung biasanya ikut menandai kemeriahan peringatan hari kemerdekaan. Atas inisiatif bersama, warga kampung atau desa menyiapkan makanan dan berkumpul untuk merayakan. Pada saat seperti ini, tumpeng menjadi makanan primadona untuk menyambut hari ulang tahun republik tercinta.

Sama dengan lomba 17-an, sayangnya acara seperti ini tidak bisa dilakukan selama pandemi Covid-19. Mari berdoa supaya pandemi segera berakhir sehingga kita bisa merayakan 17-an seperti sediakala.

Karnaval

Rangkaian tradisi hari kemerdekaan masih belum lengkap tanpa karnaval meriah. Biasanya tiap sekolah dan kampung mengadakan karnaval sendiri, dengan arak-arakan pemuda dan anak-anak dalam balutan busana daerah. Tetapi yang paling dinanti adalah karnaval yang diadakan pemerintah kota. Dengan pawai mobil hias yang lebih mencolok, biasanya acara ini menjadi tontonan sekaligus hiburan murah-meriah bagi warga.

 

Nah itulah beberapa tradisi perayaan kemerdekaan di Indonesia. Sebenarnya, ada satu tradisi lagi loh, yakni diskon spesial Kemerdekaan! Di Titipku misalnya, untuk Anda yang belanja di Titipku pada 17 Agustus 2021, Anda akan mendapatkan gratis ongkir. Tak hanya itu, Titipku akan membagikan masker spesial bagi pelanggan yang belanja di Hari Kemerdekaan.

Mau? Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan