Nomor 6 Paling Sering: 7 Kesalahan dalam Menyikat Gigi

menyikat gigi, kesalahan dalam menyikat gigi, pentingnya obat kumur, pentingnya listerine, cara menyikat gigi, menggosok gigi, cara menggosok gigi, kesalahan dalam menggosok gigi

Artikel kali ini akan membahas kesalahan-kesalahan dalam menyikat gigi. Kenapa ini penting? Karena akan sama saja jika Anda sering menyikat gigi tapi caranya salah. Hal itu justru akan membuat mulut iritasi atau tidak membersihkan gigi dari kuman.

Aturan emas yang utama saat membersihkan gigi adalah: Jangan terburu-buru dan berhati-hati.

Jika Anda mengikuti aturan emas ini, maka sebenarnya Anda sudah melakukan langkah menyikat gigi yang tepat.

Namun, jika Anda ingin lebih berhati-hati dalam menyikat gigi, situs tanyapepsodent.com memberikan setidaknya 7 cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Penasaran kira-kira ada tips apa saja? Simak informasi berikut ini.

 

Jangan Terburu-buru

Menyikat gigi yang benar itu harus dilakukan secara berhati-hati selama 2 menit, dan dilakukan 2 kali sehari.

Pastikan Anda menggunakan pasta gigi juga ya, jangan hanya menggosok dengan sikat gigi saja. Untuk jenis pasta giginya, sesuaikan dengan selera Anda. Silakan pilih yang sensasi mintnya kuat, atau berbahan herbal, ataupun pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Belanja pasta giginya tentu saja bisa dilakukan lewat Titipku! Pilihan pasta gigi di Titipku banyak kok.

Download aplikasi Titipku di Google Playstore atau Apple Appstore sekarang.

Jangan Menggerakkan Sikat Ke Arah yang Salah

Kita cenderung menggerakkan sikat secara horizontal atau menyamping. Namun, sesungguhnya disarankan untuk menggerakkan sikat secara memutar, dari arah garis gusi ke gigi.

Jika Anda masih bingung dengan instruksi ini, silakan cari sumber lain atau video contoh di YouTube. Atau jika tidak, mintalah dokter gigi memberi contoh saat Anda sedang periksa gigi.

Baca Juga: PARAH!: Ini Akibat Tidak Merawat & Mengganti Sikat Gigi

Jangan Menggosok Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi yang baik dan efektif bukan berarti Anda menghajar gigi Anda!

Terlalu banyak menyikat gigi dapat merusak gusi dan enamel gigi. Jika gusi Anda sehat namun muncul sedikit darah di gusi, kemungkinan Anda menyikat gigi terlalu keras.

Jika kita diajarkan untuk bersikap lembut ke orang lain, maka sebaiknya terapkan juga untuk diri sendiri, termasuk bersikap lembut ke gigi dan gusi.

Jangan Menggunakan Sikat Gigi yang Salah

Ingin tahu cara sikat gigi yang benar? Mulailah dengan membeli peralatan yang sesuai. Sesuaikan ukuran kepala sikat dengan ukuran mulut Anda. Pastikan juga pilih bulu sikat yang lembut namun efektif bisa membersihkan kuman.

Jangan Menyikat Gigi Pada Waktu yang Salah

Sudah jelas bahwa kita harus menyikat gigi setiap selesai makan, tapi jangan langsung. Waktu yang tepat adalah 30 menit setelah makan. Terlebih, jika Anda mengonsumsi kopi, tenggat waktu ini sangat diperlukan.

Baca Juga: Cara Jitu Menghindari Kerusakan Gigi Pada Si Kecil

Tidak Mengganti Sikat Gigi

MinTip pernah buat artikel tentang ini. Mengganti sikat gigi sangat penting, sebab kuman bisa juga bersarang di sela-sela sikat.

Pastikan Anda mengganti sikat gigi tiap 3-4 bulan sekali ya.

Jangan Abaikan Benang Gigi dan Mouthwash

Ingatlah bahwa sikat gigi tidak serta merta membersihkan keseluruhan gigi. Itulah pentingnya produk mouthwash ataupun benang gigi.

Pastikan kedua produk ini ada di rumah Anda ya supaya kebersihan gigi bisa terjaga secara maksimal.

Baca Juga: Jangan Cuma Baiknya, Anda Perlu Tahu Efek Samping Mouthwash

 

Satu tanggapan pada “Nomor 6 Paling Sering: 7 Kesalahan dalam Menyikat Gigi”

Tinggalkan Balasan