PARAH!: Ini Akibat Tidak Merawat & Mengganti Sikat Gigi

kapan harus ganti sikat gigi, mengganti sikat gigi, merawat sikat gigi, ganti sikat gigi 3 bulan sekali, beli sikat gigi, rekomendasi sikat gigi, sikat gigi

kapan harus ganti sikat gigi, mengganti sikat gigi, merawat sikat gigi, ganti sikat gigi 3 bulan sekali, beli sikat gigi, rekomendasi sikat gigi, sikat gigi

Di sejumlah iklan produk Kesehatan gigi, kita sering mendengar anjuran untuk mengganti sikat gigi secara rutin setidaknya 3 bulan sekali dan merawat sikat gigi agar awet.

Anjuran ini sudah Anda lakukan belum?

Fun fact-nya adalah: Anjuran ini benar perlu dilakukan dan tidak hanya sekadar iklan!

Sikat gigi memiliki kualitas yang berbeda-beda, ada yang cepat rusak bulu sikatnya, ada yang tahan dipakai untuk waktu yang lama.

Terkadang, kita baru mengganti sikat gigi setelah bulunya rusak, dan bisa jadi bulunya baru rusak setelah hampir setahun.

Terkadang juga, kita sering menyimpan sikat gigi dengan penutup plastiknya segera setelah digunakan dengan tujuan merawat sikat gigi. Padahal cara ini juga tidak tepat.

Hal ini tidak dianjurkan, pasalnya ada risiko sikat gigi menjadi sarang kuman bila tidak diganti secara berkala.

Nah, beranjak dari masalah ini, simak info kapan harus mengganti sikat gigi dan tips sederhana merawat sikat gigi yang dikutip dari Hellosehat yuk! Sebagai info juga, MinTip sertakan juga akibat atau risikonya kalau Anda tidak mengganti dan merawat sikat gigi juga.

Baca Juga: Cara Jitu Menghindari Kerusakan Gigi Pada Si Kecil

 

Kapan Sebaiknya Mengganti Sikat Gigi?

Berdasarkan informasi dari American Dental Association, waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigi adalah setiap 3-4 bulan sekali.

Jika Anda menggunakan sikat gigi yang dapat diganti kepalanya atau sikat gigi elektrik, gantilah kepala sikat itu dalam jangka waktu yang sama.

Jika bulu sikat telah rusak, sebaiknya juga segera diganti. Bulu sikat yang telah rusak dapat melukai gusi, membuat gusi menjadi berdarah.

Nah bagi para Moms dan orang tua lainnya, hal satu ini perlu diperhatikan!: sikat gigi anak-anak harus lebih sering diganti dibanding orang dewasa.

Anak-anak sering menggigit sikat gigi, jadi kemungkinan bulu sikat giginya akan lebih cepat rusak dibanding dengan milik orang dewasa.

Terakhir, selain melihat tekstur bulu sikat, Anda juga harus memperhatikan perubahan warna pada sikat. Jika sikat sudah berubah warna, saat itulah Anda sudah harus mengganti sikat gigi.

Baca Juga: Atasi Nyeri Sakit Gigi dengan Cara Berikut

Tips Merawat Sikat Gigi

Berikut ini adalah tips untuk merawat dan membersihkan sikat gigi.

  • Jangan menaruh sikat gigi pada tempat yang tertutup. Jika hal ini tidak dilakukan, ada potensi bakteri akan tumbuh dengan cepat di sela-sela sikat.
  • Jika sikat gigi Anda memiliki penutup sikat, ada baiknya menunggu sikat kering dulu sebelum memakaikan penutupnya. Jika tidak, sikat akan lebih lama lembap dan membuat bakteri cepat berkembang.
  • Bersihkan sikat gigi dengan air keran atau obat Kumar yang memiliki kandungan antiseptik atau alkohol. Air mengalir bisa membuang kuman yang menempel di sikat gigi.
  • Satu sikat gigi hanya boleh digunakan oleh satu orang. Jika tidak, maka sesama pengguna akan saling mengontaminasi mulut satu sama lain.

Baca Juga: Cegah Gigi Berlubang, Hindari Makanan Berikut

*****

Itulah alasan mengapa kita perlu mengganti dan merawat sikat gigi. Mulut dan gigi adalah aset penting pada tubuh, jadi jangan malas untuk merawatnya ya!

Jika Anda butuh produk perawatan mulut dan gigi, Anda bisa belanja lewat Titipku loh. Ada banyak produk perawatan gigi dan mulut yang dijual baik di pasar maupun di supermarket yang tersedia di Titipku.

Ada promo special juga buat Anda pelanggan baru Titipku! Mau tahu apa promonya? Langsung aja download Titipku di Google Playstore ataupun Apple Appstore.

Tinggalkan Balasan