Cara Jitu Menghindari Kerusakan Gigi Pada Si Kecil

Kerusakan gigi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak. Terlebih, jika si anak sedang suka dengan makanan manis. Jika pola makan anak tidak dijaga dengan baik, bakteri akan tumbuh di gigi dan lambat laun merusak gigi.

Salah satu bentuk kerusakan gigi adalah karies atau gigi berlubang. Karies disebabkan oleh kerusakan lapisan email yang bisa meluas sampai ke bagian saraf gigi. Hal ini disebabkan oleh aktivitas bakteri. Pada anak, karies rentan terjadi pada empat gigi seri atas.

Gigi berlubang bisa juga terjadi pada anak. Bagi sebagian orang, gigi berlubang tidak terlalu diperhatikan, namun ini bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan loh! Untuk ini, ikuti tips menjaga kesehatan gigi untuk anak berikut ini:

 

  • Cegah Kebiasakan Anak yang Dapat Merusak Gigi

Kenali dan cegah kebiasan anak yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut, seperti minum susu dengan dot tanpa membasuh dengan air putih. Susu mengandung gula yang merupakan makanan bagi bakteri. Jika gula susu menempel pada gigi, ini artinya memberikan makanan untuk bakteri berkembang biak di gigi sehingga gigi menjadi berlubang. Makanan lain yang mengandung gula lainnya adalah permen.

Baca Juga: Cegah Gigi Berlubang, Hindari Makanan Berikut

  • Periksa ke Dokter Gigi Secara Rutin

Ajak anak mengunjungi dokter gigi secara rutin, bahkan sejak usia 1 tahun, sehingga anak terbiasa dan tidak takut dengan dokter gigi. Orang tua bisa memilih klinik gigi yang suasananya disukai anak. Biasanya, pada kunjungan pertama, hanya berisi pengenalan anak kepada dokter gigi, ruang periksa, dan peralatan. Barulah pada kunjungan kedua tindakan medis sesuai diagnosa dilakukan.

  • Biasakan Menggosok Gigi

Biasakan menggosok gigi dua kali sehari, terutama sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur. Dampingi dan ajarkan anak menyikat gigi dengan benar dari gusi ke gigi, selama 2 menit. Biasanya, orang tua akan ikut menggosok gigi bersama anak untuk memberi motivasi. Untuk anak balita, sebaiknya gunakan alat pembersih gigi dan pasta gigi yang khusus bayi ya.

*****

Peralatan untuk membersihkan gigi anak biasanya dijual di supermarket, tapi tidak menutup kemungkinan bisa ditemukan di pasar tradisional juga ya. Daripada bingung harus mencari di mana, cari dan beli saja lewat aplikasi Titipku. Di Titipku, peralatan kebersihan gigi bayi bisa dicari dan dibeli #DariRumah. Mau beli di pasar tradisional, warung, atau supermarket, semua tersedia di Titipku. Ditambah, ada promo  Gratis Ongkir Tanpa Syarat khusus Tanggal 16 Maret 2021 yang bakal buat belanjaanmu makin hemat.

Yuk download aplikasi Titipku dan mari belanja peralatan kesehatan gigi untuk anak!

Sumber: https://www.cussonskids.co.id/3-tips-cara-merawat-gigi-anak/

Tinggalkan Balasan