Perkuat dan Jaga Kesehatan Gigi dengan Makanan Ini

Kesehatan gigi dan mulut tidak boleh diabaikan. Meskipun terlihat sepele, jika tidak rajin membersihkan gigi dan mulut, banyak masalah kesehatan yang akan mengganggu keseharianmu, mulai dari gigi berlubang ataupun gusi yang bengkak. Kita banyak menggunakan mulut untuk mengunyah makanan dan minuman, sehingga memungkinkan sisa-sisa makanan tertinggal atau menempel di sela-sela gigi yang dapat mengundang bakteri. 

Selain rajin menyikat gigi dan menggunakan obat kumur agar lebih bersih, ternyata kita juga bisa memperkuat gigi kita dengan mengonsumsi makanan tertentu lho! Lapisan enamel pada gigi adalah lapisan terkuat yang dimiliki oleh tubuh kita. Namun, jika tidak dibersihkan dan dirawat, lapisan tersebut lama-kelamaan akan terkikis dan menyebabkan gigi menjadi keropos ataupun patah. Konsumsi makanan berikut ini supaya membantu enamel gigi tetap kokoh. 

 

Keju

Makanan produk olahan susu mengandung kalsium yang dapat membantu menguatkan gigi dan tulang. Keju dan susu, misalnya, mengandung protein casein yang memperbaiki enamel gigi. Namun, tidak semua produk keju mengandung kalsium yang tinggi lho! Pastikan kamu mengecek label dari produk keju untuk mengetahui jumlah kalsium yang terkandung dalam produk tersebut. 

Sayuran Berdaun Hijau

Tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, sayuran berdaun hijau ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan gigi. Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung serat yang tinggi yang harus dikunyah cukup lama agar terurai. Ketika mengunyah, mulut kita juga mengeluarkan air ludah yang juga membersihkan gigi dan menetralkan asam pada mulut. Kandungan asam pada makanan-makanan yang masam yang tersisa di mulut dapat mengikis enamel secara perlahan jika tidak segera dibersihkan. 

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Obat Kumur

Supaya tidak jenuh memakan sayuran berdaun hijau, kamu juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan yang juga kaya akan serat lho! 

Daging Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang tinggi dan juga sumber vitamin D. Vitamin D membantu tubuh kita untuk lebih banyak menyerap kalsium. Jadi, secara tidak langsung salmon dapat membantu melindungi gigi dan tulang kita. 

Teh Hijau

Teh hijau dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan membantu tubuh untuk melawan bakteri dan penyakit yang masuk ke tubuh. Teh hijau juga dapat melindungi gigi dengan mencegah plak yang menempel pada gigi lho! Selain itu, teh hijau juga mengandung fluoride yang mencegah pengikisan gigi dan memperkuat enamel. 

Sebaiknya, konsumsi teh hijau tanpa gula untuk mendapat hasil yang maksimal. Kalau rasanya terlalu pahit, kamu bisa beralih ke the hitam untuk mendapat efek yang sama. 

 

Ternyata menjaga kesehatan gigi cukup mudah ya. Agar lebih mudah lagi, belanja kebutuhan dapur dan makanan sehat lainnya lewat Titipku aja. Mumpung lagi ada promo nih tanggal 10 Februari besok. Diskon 12% tanpa minimal belanja lho! Tunggu apalagi, yuk mulai download dan belanja lewat Aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan