Atasi Nyeri Sakit Gigi dengan Cara Berikut

Ada ungkapan “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Ungkapan ini tidak diucapkan sembarangan. Sakit gigi memang menyebalkan bagi semua orang; membuat tidur tidak nyenyak, mengganggu aktivitas sehari-hari karena nyeri yang tak kunjung hilang, hingga membuat kita marah-marah karena rasa sakit yang tidak terhankan. 

Sakit gigi bisa disebabkan oleh gigi yang berlubang atau gigi yang sensitif. Gigi sensitif sedikit merepotkan karena ketika makan atau minum dingin sedikit saja atau cuaca sedang dingin langsung memicu nyeri yang tak terhankan pada gigi. Sebenarnya, cara mengatasi sakit gigi adalah dengan pergi ke dokter gigi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti dari nyeri pada gigi, apakah itu gigi berlubang, bakteri, ataupun gigi sensitif. Namun, jika kamu belum sempat pergi ke dokter gigi, ada cara-cara yang dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi lho! 

 

Kompres dengan Air Dingin

Secara umum, ada dua cara untuk mengurangi nyeri pada gigi. Yang pertama adalah dengan mengurangi inflamasi, sedangkan yang kedua adalah dengan “mengganggu” sinyal dari rasa nyeri yang disampaikan ke otak. Cara yang pertama lebih mudah karena hanya melibatkan kompres dengan air dingin. Gunakan washcloth jika kamu menggunakan es batu agar tidak melukai kulitmu. Letakkan es batu atau air dingin di bawah rahang atau gigi yang terasa nyeri. Kompres dingin membantu mengurangi nyeri dan mengurangi bengkak. 

Berkumur Air Garam

Selain menggunakan kompres dingin, berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi nyeri saat sakit gigi. Berkumur dengan air garam hangat dapat membersihkan infeksi, mengurangi inflamasi, dan mengurangi rasa nyeri. Campurkan garam secukupnya ke dalam segelas air hangat. Pastikan air garam yang digunakan untuk berkumur tidak tertelan. 

Gunakan Bawang Putih

Sejak ribuan tahun lalu, bawan putih sudah dikenal dan digunakan dalam bidang kesehatan. Selain dapat membunuh bakteri berbahaya pada gigi, bawang putih juga dapat mengurangi rasa nyeri. Untuk menggunakannya,  hancurkan beberapa suing bawang putih sehingga menyerupai pasta dan oleskan di daerah gigi yang terasa nyeri. Alternatif lain adalah dengan mengunyah bawang putih segar. Jangan lupa dimuntahkan setelahnya ya!

Gunakan Obat Kumur

Obat kumur dibuat untuk membantu membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau saat menyikat gigi. Oleh karena itu, obat kumur dapat membunuh kuman dan bakteri yang berbahaya yang menyebabkan nyeri pada gigi. Gunakan obat kumur setelah selesai menyikat gigi setiap harinya untuk hasil yang maksimal. Pastikan tidak menelan obat kumur karena obat kumur tidak untuk ditelan. 

 

Itu dia cara alami untuk mengatasi nyeri sakit gigi. Cara-cara ini hanya bersifat sementara saja ya. Selebihnya kamu harus segera mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca Juga: Tidak Hanya Gigi, Rambut Rontok Ternyata Bisa Diatasi dengan Daun Sirih

Salah satu cara mencegah gigi berlubang adalah dengan menyikat gigi secara teratur dan tentu saja makan-makanan yang bergizi. Nah, untuk makanan bergizi, belanjanya lewat Titipku saja! Ada banyak sayur dan buah segar untuk kamu borong lho! Kalau mau beli produk perawatan gigi di Titipku juga bisa. Saat ini, Diamond Supermarket Kelapa Gading sudah tersedia di Titipku. Supermarket ini menjual produk perawatan gigi yang lengkap loh. Yuk segera unduh Aplikasi Titipku dan mulai belanja #DariRumah.

Tinggalkan Balasan