8 Jenis Udang yang Terkenal di Indonesia

udang, shrimp, jenis udang, jenis udang di indonesia, jenis-jenis udang

Udang adalah salah satu produk seafood yang dagingnya sangat lezat. Tak heran, banyak warung makan dan restoran yang menyediakan menu masakan berbahan udang. Namun udang ini harganya cenderung mahal, tergantung jenis udang yang dipilih.

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 8 jenis udang yang bisa ditemui. Melansir dari idntimes.com, berikut 8 jenis udang yang sering ditemui di Indonesia:

 

  1. Udang Jerbung

udang, shrimp, jenis udang, jenis udang di indonesia, jenis-jenis udang

Udang jerbung sering juga disebut udang putih. Udang jenis inilah yang sering kita jumpai di pasar. Kulitnya tipis dan licin dengan warna putih agak kekuningan. Indonesia merupakan penghasil udang jerbung terbesar di dunia.

  1. Udang Peci

udang, shrimp, jenis udang, jenis udang di indonesia, jenis-jenis udang

Udang peci merupakan varian lain udang jerbung. Udang peci biasanya berwarna putih, tapi lebih gelap dibanding udang jerbun. Selain itu, udang peci juga identik dengan bintik hitam. Jenis udang jerbung dan udang peci bisa digunakan untuk berbagai olahan masakan, seperti digoreng atau dibuat asam manis. Namun, udang jenis ini tidak cocok dibakar, karena kulitnya yang tipis membuatnya mudah gosong.

  1. Udang Galah

udang, shrimp, jenis udang, jenis udang di indonesia, jenis-jenis udang

Udang galah merupakan salah satu jenis udang air tawar. Udang ini sering juga disebut udang cokong atau fresh water prawn. Warnanya kebiruan, capitnya sangat panjang, dengan ukuran kepala yang besar. Cocok diolah dengan cara dibakar, karena tekstur kulitnya yang keras dan kokoh.

  1. Udang Pancet

Udang pancet dikenal juga dengan nama udang windu atau tiger shrimp. Kulitnya tebal dan keras dengan warna hijau atau merah serta garis melintang agak gelap. Udang pancet cocok diolah dengan cara dibakar, disate, atau dibuat asam manis.

  1. Udang Dogol

Udang dogol dikenal pula dengan nama pink shrimp. Nama ini diambil dari warna kulitnya yang berwarna merah muda agak kekuningan. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, udang ini cocok jadi pelengkap masakan atau digoreng tepung.

  1. Udang Vaname

udang, shrimp, jenis udang, jenis udang di indonesia, jenis-jenis udang

Meski mahal, udang vaname selalu laris di pasaran. Udang ini memiliki warna putih dengan corak agak kebiru-biruan. Cocok diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai digoreng, balado, sup, atau menjadi pelengkap masakan.

  1. Udang Kipas

Nama lain udang kipas adalah udang sikat. Bentuknya menyerupai lobster dengan ukuran yang lebih kecil. Tekstur kulitnya keras, tetapi tak sekeras lobster. Udang ini cocok dijadikan masakan bersaus, seperti udang saus padang, asam manis, atau dimasak balado.

  1. Udang Rebon

Udang rebon memiliki ukuran paling kecil di antara jenis lainnya. Ukuran tubuhnya hanya 2-3,5 sentimeter. Cocok diolah menjadi pelengkap masakan, seperti rempeyek, botok, atau sambal udang.

*****

Nah, dari kedelapan jenis udang ini, udang mana yang jadi favorit Anda? Jika sudah tahu, bisa langsung beli udang di Titipku ya! Di aplikasi ini ada berbagai jenis udang yang bisa dibeli. Kebetulan, lagi ada HARPOLNAS nih di Pasar Mandiri Kelapa Gading. di HARPOLNAS ini, semua produk diskon, termasuk udang! Klik di sini untuk mendownload Titipku!

Tinggalkan Balasan