Anti Bau! Ini Cara Membersihkan Rebung Sebelum Diolah

“Mudanya saja enak, bagaimana kalau sudah masak?”. Ya, itu adalah ungkapan yang salah jika disampaikan untuk rebung. Rebung adalah bambu muda atau cikal bakal bambu yang sering kita gunakan untuk membangun sesuatu. Tentunya kita cukup makan rebungnya saja kan? Tidak perlu memakan bambu dewasa yang keras.

Rebung adalah tunas atau anakan yang masih muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya memanfaatkan rebung bambu sebagai bahan makanan. Rebung bambu termasuk salah satu sayuran yang disukai banyak orang karena teksturnya yang renyah dan rasa manis serta aroma khas yang dimilikinya.

Kuliner Indonesia yang khas dengan bahan rebungnya adalah lumpia Semarang. Namun, sayur rebung juga digemari di berbagai daerah, seperti di Jawa dan Kalimantan.

Seperti yang dikatakan di awal, rebung memiliki bau yang khas. Namun, jika tidak pandai mengolahnya, olahan rebung justru akan berbau pesing. Tak hanya itu, rasa rebung yang muncul juga akan pahit dan tidak manis. Oleh karena itu, sebelum kamu memasak rebung, lebih baik lakukan 5 tips berikut ini adalah cara membersihkan rebung yang bisa menghilangkan bau tak sedap dan memunculkan rasa manis dari rebung:

 

  • Rebus Hingga Empuk dan Buang Airnya

Dilansir dari Merdeka.com, Ketika baru membeli rebung, sebaiknya langsung direbus terlebih dahulu hingga empuk. Setelah itu, air rebusannya dibuang. Tiriskan dulu rebung yang sudah empuk, lalu kita perlu membersihkan rebung dengan cuci lagi sampai bersih. Rebung yang sudah matang ini pun siap diolah.

  • Rendam dengan Air Garam

Rendam rebung dengan air garam selama 30 menit. Jika sudah, kemudian cuci bersih rebung dengan air mengalir. Baru setelah itu, rebung bisa direbus atau dikukus untuk kemudian diolah sesuai keinginan.

  • Rebus dengan Air Kelapa

Rebung yang sudah disimpan terlalu lama biasanya baunya akan lebih pekat. Kalau direbus dengan air biasa atau dikukus tak kunjung menghilangkan baunya, bisa coba rebus dengan air kelapa. Siapkan air kelapa secukupnya lalu gunakan sebagai air rebusan untuk merebus rebung. Cita rasa rebung mungkin agak sedikit berubah, tapi cara ini bisa menyelamatkanmu dari aroma rebung yang tidak sedap.

  • Rendam di Larutan Air Kapur Sirih

Ingin mengolah rebung supaya tidak berbau tapi ingin menjaga teksturnya yang renyah? Kamu bisa merendamnya di larutan air kapur sirih.. Caranya: siapkan rebung yang sudah diiris lalu rendam dalam air kapur sirih selama beberapa menit. Setelah itu, cuci dan bilas hingga bersih sebelum diolah sesuai selera

  • Mengukus Rebung

Jika tak ingin rebung terlalu berair saat diolah, kamu bisa mengukus terlebih dahulu rebungnya. Cuci rebung lalu kukus sampai cukup empuk. Dengan cara ini bau pesing dan rasa pahit dari rebung juga bisa hilang.

Baca Juga: Rebung, Tunas Bambu Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

*****

Rupanya tak cukup sulit ya untuk membersihkan rebung? Yuk coba membuat olahan rebung sendiri di rumah! Untuk membeli rebungnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Titipku. Di aplikasi ini, ada banyak promo yang bisa kamu gunakan agar belanjaanmu bisa lebih murah.

Mau? Yuk download aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan