Rebung, Tunas Bambu Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Titipku – Banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan makanan. Bahkan dari ujung daun hingga akarnya. Banyak yang berkhasiat. Tak perlu menunggu matang pun, beberapa bagian dari tanaman yang masih mudah pun bisa dijadikan sebagai bahan makanan. Rebung, salah satunya

Rebung atau tunas bambu muda, sudah cukup akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Hmm, pasti masih ada yang tidak menyangka jika bambu yang keras itu ternyata bisa jadi makanan. Tak sedikit juga yang menganggap rebung sebagai makanan aneh. Biasanya, rebung diolah menjadi sayur bersantan. Berbeda kalau di Semarang, rebung kerap dijadikan isian utama Lumpia (makanan khas Semarang).

Dikutip dari tribunnews.com, olahan rebung terkenal di Tiongkok dan menjadi makanan yang kerap dikonsumsi. Bahkan sempat menjadi santapan utama pada masa Dinasti Ming (1368-1644). Ternyata, kandungan nutrisinya juga tinggi.

Manfaat Rebung

Rebung tergolong ke dalam jenis sayur yang memiliki kadar air tinggi, protein, lemak, gula, karbohidrat, thiamin, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan kalium. Lebih lengkapnya, berikut ulasan tentang manfaat rebung bagi kesehatan.

Menjaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi, tentu cukup dikhawatirkan banyak orang. Mengingat permasalahan satu ini, sering membuat tubuh cepat lemah dan pusing. Rentan ketika melakukan pekerjaan berat, bahkan bahaya untuk ibu hamil.

Nah, kalium dalam rebung dapat disebut juga dengan potassium. Komponen ini penting dalam menjaga dan menurunkan tekanan darah. Rabung mengandung kalium yang cukup tinggi, bagus untuk dikonsumsi.

Menu diet

Buah-buahan dan sayur memang juaranya sebagai menu diet. Rebung bisa jadi menu baru yang “gak biasa”, karena pasti belum banyak juga yang mengetahuinya.

Rebung juga mengandung lemak, sodium, dan gula yang rendah. Maka dari itu bisa menjadi makanan diet yang ideal. Ditambah lagi dengan kandungan serat yang bisa membantu untuk lebih cepat kenyang. Dengan begitu, bisa mengurangi porsi makan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin dan mineral dalam rebung, bisa memperkuat daya tahan tubuh. Ada satu lagi, yaitu antioksidan. Sudah menjadi pengetahuan umum jika antioksidan bisa melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berlebih.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sehat Pencegah Virus
Menyehatkan pencernaan

Kenapa bisa? Memang sudah banyak sih, makanan yang bisa menyehatkan pencernaan. Tapi, rebung patut untuk dicoba. Ingat, rebung mengansung banyak serat yang dibutuhkan untuk memperlancar proses pencernaan yang sehat. Tak heran, jika rebung baik dikonsumsi ketika sedang susah buang air besar atau sembelit.

Membantu meredakan gangguan pernapasan

Cara mengolahnya berbeda jika digunakan untuk yang satu ini. Rebung harus direbus, bukan diolah menjadi lauk. Lalu, air rebusan rebung dicampur dengan madu. Air campuran tersebu, dipercaya dapat meredakan gangguan pernapasan, seperti asma atau sesak napas. 

Tapii, sayangnya belum ada penelitian yang relevan untuk memastikan manfaat rebung yang satu ini secara ilmiah. Jadi, harus berhait-hati untuk dipraktekkan.

Menurunkan kolesterol

Rebung dapat membantu melarutkan kolesterol jahat. Tapi harus diperhatikan cara mengolahnya. Sangat disarankan untuk tidak mencampurnya dengan bahan lain yang mengandung lemak tinggi. Seperti santan, jeroan sapi, kulit ayam, jeroan ayam, dan minyak yang banyak. Jika begitu, manfaatnya bisa berkurang.

Selain enak dan unik, banyak orang mempertimbangkan kandungan nutrisinya untuk dikonsumsi. Rebung menjadi pilihan yang tepat. Kamu mungkin tertarik? Cara mengolahnya bisa diinovasi atau mengintim resep dari para ahlinya supaya hasilnya bisa lebih nikmat.

#dirumahaja

Sebagai catatan, harus tetap berhati-hati. Meskipun rebung mengandung serat yang tinggi dan baik untuk diet maupun mengatasi sembelit. Jangan terlalu menjadikan rebung sebagai satu-satunya solusi masalah kesehatan. Tidak juga dianjurkan untuk memakannya berlebihan. Dikhawatirkan, dapat menimbulkan alargi atau risiko kesehatan lainnya jika rebung tidak diolah dengan baik.

Rebung biasanya dijual bebas di pasaran. Terutama di pasar tradisional, biasanya rebung lebih mudah ditemukan. Yuk, cek di aplikasi Titipku untuk mengetahui apakah rebung ada di pasar-pasar atau warung di sekitarmu. Belanja kebutuhan pokok sehari-hari juga mudah dan murah melalui aplikasi Titipku.

Ayo belanja di Titipku!

 

Tinggalkan Balasan