5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Baik untuk Diet!

Titipku – Kurma tampaknya menjadi buah favorit saat memasuki bulan ramadhan. Tentu saja, biasanya kurma menjadi menu kamula pembuka selain sup buah. Kurma merupakan buah yang memiliki citarasa yang manis dan berdaging lembut bagai karamel. Rasa manis dari kurma tersebut membuat kurma menjadi takjil kamulan saat berbuka puasa.

Selain itu kurma ternyata memiliki banyak jenis lho! Setidaknya ada 3.000 jenis kurma di dunia. Namun, hanya 200-400 jenis saja yang diperdagangkan dan bisa dikonsumsi. Salah satu jenis kurma yang menjadi favorit di dunia adalah kurma sukari.

Kandungan Kurma Sukari

Tahu kah kamu bahwa kurma memiliki 7 kandungan di dalamnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Asam amino.
  2. Zat tembaga (cooper).
  3. Florida.
  4. Zat besi.
  5. Vitamin A.
  6. Magnesium.
  7. Potasium.

Baca juga: 5 Tips Kurma Tahan Lama dan Tetap Segar

Nah dari kandungan tersebut setidaknya ada 5 manfaat kurma yang baik untuk kesehatan. Dirangkum melalui Halodoc.com berikut manfaat kurma sukari:

  1. Menyehatkan Pencernaan

Kurma sukari tergolong sebagai makanan pencahar (laxative food), yang bisa mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar. Hal ini karena kurma sukari mengandung tinggi serat alami, yang bisa menyehatkan usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan. Jadi, jika kamu punya masalah sembelit, cobalah rutin mengonsumsi kurma sukari.

  1. Mengatasi Anemia

Salah satu komposisi nutrisi penting yang terkandung dalam kurma sukari adalah zat besi, yang selama ini sangat dikamulkan untuk menyembuhkan anemia. Selain mengatasi anemia, menjadikan kurma sukari sebagai camilan juga bisa menjaga aliran darah tetap lancar dan membersihkan darah.

Baca juga: 5 Buah Populer saat Bulan Ramadhan

  1. Nutrisi Bagus untuk Diet

Meski rasanya manis, kamu tak perlu khawatir berat badan akan melonjak saat mengonsumsi kurma sukari. Selama dikonsumsi secara langsung, tidak berlebihan, dan tidak dicampur dengan makanan tinggi gula lainnya, kurma sukari justru merupakan nutrisi bagus untuk diet. Rasa manis dan aneka nutrisi yang dikandungnya akan mencegah rasa ingin makan lebih, karena perut jadi kenyang lebih lama.

  1. Mencegah Karies Gigi

Kandungan unsur fluoride atau florida dalam kurma sukari sangatlah bagus untuk menjaga enamel gigi, sehingga dapat membantu mengembalikan kerusakan gigi. Tak hanya itu, sebagai sumber serat yang baik, rutin mengonsumsi kurma sukari juga dapat merangsang produksi air liur. Hal ini dapat mempertahankan mineral yang bisa mencegah kerusakan gigi.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kurma sukari mengandung vitamin A yang berperan penting menjaga kesehatan mata, pertumbuhan tulang, dan sistem imun. Perlu diketahui bahwa kekurangan vitamin A menyebabkan kornea kering, muncul kerutan pada bagian depan mata, bahkan kerusakan kornea yang berujung pada kebutaan.

#DIRUMAHAJA

Kamu bisa membeli kurma melalui aplikasi Titipku. Kamu tak perlu repot keluar rumah lho, tinggal menggunakan smartphone-mu dan kamu bisa berbelanja tanpa ribet. Belanja online kurma melalui Aplikasi Titipku. Titipku sebagai digitalisasi UMKM Indonesia pun siap memudahkanmu berbelanja buah kurma. Juga kebutuhan-kebutuhan lain yang kamu perlukan untuk membuat menu sahur dan buka puasa.

Cek dulu beberapa UMKM penjual kurma dibawah ini:

  1. Lapak Buah Mbak Puji https://titipku.page.link/MXPT
  2. Waroeng Kak Nina https://titipku.page.link/27uC
  3. Kios Buah Sri Handayani https://titipku.page.link/CFWc 
  4. Lapak Buah Mas Riski https://titipku.page.link/gJDA
  5. Toko Kurma Doa Ibu https://titipku.page.link/Qo3H
  6. Lapak Buah Ibu Dewi https://titipku.page.link/NLh9
  7. Kurma Pak Hasan https://titipku.page.link/ej13
  8. Toko Mamana https://titipku.page.link/HrjM 

Dengan berbelanja lewat Aplikasi Titipku, kamu turut membantu UMKM Indonesia yang terdampak virus korona. Kamu cukup memesan belanjaan kamu lewat Titipku dan akan diantarkan sampai rumah. Tunggu apalagi, unduh Titipku sekarang!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Ladies, Mau Sehat dan Cantik? Coba 8 Manfaat Buah Kurma Ini

 

 

Tinggalkan Balasan