Bahan-Bahan Pengganti Susu Pada Makanan

milk, susu, pengganti susu, milk substitute, bahan pengganti susu

milk, susu, pengganti susu, milk substitute, bahan pengganti susu

Susu menjadi salah satu bahan penting dalam masakan. Sebut saja pasta carbonara. Kita sering menggunakan susu sebagai bahan yang lebih murah untuk menggantikan heavy cream dalam membuat saus carbonaranya. Contoh lain, saat membuat kue kita juga menggunakan susu supaya rasanya lebih creamy. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengonsumsi susu karena mengidap intoleransi laktosa, Sehingga mereka harus mencari bahan-bahan pengganti susu untuk bisa mengonsumsi menu-menu yang sudah disebutkan di atas.

Berdasarkan artikel dari Kompas.com, berikut 10 bahan pengganti susu buat Anda yang mengalami intoleransi laktosa.

 

  1. Rice Milk

Rice milk atau susu beras terbuat dari gilingan beras putih atau cokelat yang dicampur air. Rasanya ringan dan manis alami serta konsistensinya encer. Berkat konsistensinya, susu beras tepat untuk diminum langsung, campur dengan smoothie, makanan penutup, maupun campur oatmeal. Namun di sisi lain, susu jenis ini kurang cocok dijadikan saus kental gurih seperti bechamel, hollandaise, atau alfredo. Susu beras cocok bagi Anda yang tak mengonsumsi susu sapi, gluten, kedelai atau kacang-kacangan.

  1. Santan

Santan juga dapat menggantikan posisi susu sapi dalam masakan. Namun, berkat aroma dan rasanya yang khas akan memengaruhi hasil akhir masakan atau kue. Santan mengandung 1/3 kalori susu sapi, 1/2 dari lemaknya, dan lebih sedikit protein dan karbohidrat daripada susu sapi.

Kalau untuk masakan disarankan menggunakan santan murni, karena aromanya lebih wangi. Bisa juga menggunakan santan kemasan, ada yang dijual versi cair, bubuk, dan kental. Pada resep yang membutuhkan susu misalnya pada kue, sebaiknya gunakan santan kemasan cair.

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai terbuat dari sari kacang kedelai atau protein kedelai. Di beberapa brand, produk ini sering pula dicampur bahan pengental dan minyak nabati untuk meningkatkan rasa dan konsistensi. Susu kedelai tepat menggantikan susu sapi terutama untuk membuat kue dan saus kental gurih. Memiliki rasa cenderung lembut, membuat susu kedelai cocok sebagai pengganti susu sapi untuk kopi, sereal, maupun sajian gurih.

  1. Susu Oat

Susu oat yang terbuat dari oat campur air ini mulai populer di kalangan barista karena paling tepat untuk membuat cappuccino vegan. Pasalnya, susu oat mampu berbusa layaknya susu sapi ketika dipanaskan. Memiliki rasa manis alami dan ringan, menjadikan susu oat tepat untuk menggantikan posisi susu saat membuat saus bechamel, sereal, atau smoothie.

  1. Susu Kacang-Kacangan

Selain kedelai, terdapat kacang-kacangan yang kerap menggantikan posisi susu sapi yaitu almond, macadamia, dan jambu mete. Ketiganya mempunyai rasa kacang yang khas dan manis alami, cocok untuk membuat kue atau dessert. Bisa juga menjadi campuran kopi atau teh.

 

Nah, kini Anda bisa menggunakan produk-produk di atas untuk membuat masakan berbahan susu. Bingung cari di mana? Beli saja di Titipku. Produk-produk di atas tersedia di pasar ataupun Diamond Supermarket yang ada di Titipku. Klik di sini untuk mendownload aplikasi.

Tinggalkan Balasan