Adu Manfaat! Susu Kedelai VS Susu Almond

Titipku – Bagi seseorang yang memiliki kondisi kesehatan seperti intoleransi laktosa dan alergi, mungkin belum pernah merasakan minum susu dan mendapat asupan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.  Selain itu, sebagian orang yang menganut gaya hidup vegan atau vegetarian dan yang ingin/perlu mengurangi asupan kolesterol memilih untuk menghindari susu sapi. Dengan alasan tersebut, beberapa alternatif susu nabati sekarang ini cukup mudah ditemukan, seperti susu kedelai dan susu almond

Susu kedelai dan susu almond secara alami bebas dari laktosa dan rendah kolesterol. Namun, tetap ada perbedaan nutrisi dari kedua susu ini ya. Yuk simak perbedaan kandungan gizi dan keterbatasan dari masing-masing susu.

 

Susu Almond vs Susu Kedelai

Pada dasarnya, susu almond maupun susu kedelai memiliki kelebihan masing-masing. Keduanya baik untuk dikonsumsi demi kesehatan tubuh. Meski demikian, karena keduanya berasal dari sumber yang berbeda, kedua susu ini memiliki komposisi nutrisi dan manfaat yang berbeda pula.

Baca Juga: Simak Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil!

  • Kandungan Lemak

Walaupun susu almond memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan susu kedelai, tapi susu almond memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan susu kedelai. Inilah mengapa dalam hal perbandingan jumlah kalori total, susu almond biasanya lebih bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalani diet. 

Susu almond murni (yang tidak ditambahkan gula) biasanya mengandung 40 kalori per gelas, sementara kandungan kalori susu kedelai dua kali lebih banyak.

Meski lemak pada susu almond lebih tinggi, tapi lemak yang dikandung kedua jenis susu ini baik untuk tubuh, seperti omega 3 dan omega 6, yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga: Disukai Emak-Emak, Ini Kandungan Gizi Susu Almond

  • Kandungan Protein

Kandungan protein pada susu kedelai lebih banyak dibandingkan dengan susu almond. Satu gelas susu kedelai mengandung 7 gram protein, sementara satu gelas susu almond hanya mengandung 4 gram protein. 

  • Vitamin B

Selain itu, kedua susu ini mengandung vitamin B untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta berbagai mineral esensial seperti zat besi, magnesium, fosfat, seng, mangan, dan tembaga. Mineral-mineral tersebut penting untuk membantu tubuh mengontrol tekanan darah, meningkatkan pasokan oksigen ke darah, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Vitamin E

Salah satu kelebihan susu almond dibandingkan dengan susu kedelai adalah pada kandungan vitamin E. Kandungan vitamin E pada susu almond lebih tinggi ketimbang susu kedelai, sehingga dapat menyokong kesehatan kulit dan memberikan perlindungan terhadap penyakit kanker.

*****

Ternyata susu almond dan susu kedelai memiliki manfaat yang luar biasa. Baik susu almond maupun susu kedelai memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Kamu bisa membeli dua jenis susu ini melalui Titipku. Belanja mudah dan aman, tak perlu keluar rumah, dan banyak kejutan diskon pakai Titipku. Salah satunya adalah promo HARTIPNAS. Kamu bisa dapat diskon hingga Rp50.000 dengan menggunakan promo ini. Promo berlaku sampai 31 Maret 2021 ya.

Buruan download Titipku dan segera berbelanja dengan promo HARTIPNAS!

Tinggalkan Balasan