Ini Beda Perangkat dengar yang Sering Digunakan

Earphone maupun headphone sudah menjadi benda wajib yang harus dibawa ke manapun kita pergi. Meskipun pada akhirnya tidak dipakai, kalau tidak membawa perangkat dengar rasanya ada yang kurang. Benda kecil ini memang menjadi penyelamat saat di perjalanan menuju kantor ataupun sedang menunggu. 

Faktanya, tidak semua orang bisa membedakan dan sering tertukar menyebut earphone, headphone, dan sejenisnya lho! Orang-orang lebih suka menyebut headset padahal yang dimaksud adalah earphone. Agar kamu tidak tertukar lagi, yuk intip bedanya perangkat-perangkat dengar berikut ini!

Earphone

Ini adalah perangkat yang paling sering kamu dan banyak orang lainnya gunakan. Disebut earphone karena pemakaiannya dengan dimasukkan ke dalam telinga. Kalau memberi smartphone dengan brand tertentu, biasanya juga akan diberikan earphone. Umumnya, earphone juga dilengkapi dengan fitur mikrofon untuk input suara. Jadi, kamu bisa melakukan panggilan atau mereka suara menggunakan earphone

Baca Juga: Punya Gitar Akustik, Rawat dengan Tips Berikut

Headphone

Jika earphone berbentuk mungil, headphone merupakan perangkat alat dengar yang serupa namun dengan bentuk yang lebih besar. Cara menggunakannya dengan “menjepitnya” di telinga kanan dan kiri. Karena ukurannya yang besar, headphone memang diciptakan untuk memberikan kualitas audio yang jauh lebih baik daripada earphone

Bentuknya yang besar ini membuat sebagian orang enggan menggunakannya karena tidak ramah di tas dan cukup repot membawanya. Tetapi, tetap ada orang yang menggunakan headphone saat perjalanan atau menunggu lho! Kualitas suara yang diberikan headphone memang menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk mendengarkan musik favorit. 

Headset

Nah, banyak orang keliru ketika menyebut perangkat dengar yang satu ini. Dari segi bentuk, headset memiliki kemiripan dengan headphone namun dengan fitur yang sedikit berbeda. Headset dilengkapi dengan perangkat mikrofon untuk input suara, sama seperti earphone. Di warnet atau di game center, headset lebih mudah ditemui. 

Handsfree

Yang terakhir adalah jenis perangkat yang paling modern dan sedang ngetren sekarang ini, yaitu handsfree. Handsfree menjadi pilihan karena bentuknya yang mungil mirip seperti earphone namun dengan fitur yang lebih canggih. Koneksi handsfree sudah tidak lagi menggunakan kabel, tapi dengan menggunakan Bluetooth. Canggih banget kan? Kamu bisa mendengarkan musik, menerima dan melakukan panggilan tanpa ribet. Jangan sampai tertukar istilah lagi ya!

*****

Sambil mendengaran musik favorit, enaknya sambil buka Aplikasi Titipku nih. Belanja hemat #DariRumah bisa banget lewat Titipku. Ada promo Diskon 20% (maksimal diskon Rp50.000) loh! Belanja berapapun di manapun nggak perlu khawatir soal ongkir. Yuk segera unduh Aplikasi Titipku dan belanja sekarang!

Tinggalkan Balasan