Artikel Ini Buat Anda yang Nggak Tahu Bedanya Jahe, Kunyit, Lengkuas, & Kencur

perbedaan jahe kunyit, bedanya jahe kunyit, beda lengkuas kencur, perbedaan lengkuas kencur, jahe kunyit mirip, lengkuas kencur mirip, perbedaan jahe kunyit lengkuas kencur, apa bedanya jahe dan kunyit

Saat melihat ibu kita memasak di dapur, ia tampak sangat mahir mengolah tiap bumbu dan bahan menjadi makanan yang lezat. Ibu juga tampak menyiapkan tiap bahan dan rempah dengan begitu mudah.

Padahal realitanya: Tidak semudah itu Ferguso!

Pada artikel sebelumnya, MinTip pernah membuat bahasan bahwa ada beberapa jenis bumbu dan rempah dapur yang sulit dibedakan. Jika kita awam dengan bahan-bahan tersebut, kita akan rentan salah memilih rempah atau bumbu. Hasilnya, bisa dipastikan rasa dari masakan akan jauh dari ekspektasi.

Baca Juga: Bumbu Rempah Ini Mirip, Padahal Beda

Oleh sebab itu, kita harus belajar untuk membedakannya. Mari kita mulai dari belajar soal bedanya jahe, kunyit, kencur, dan lengkuas.

Kira-kira, apa ya bedanya jahe, kunyit, kencur, dan lengkuas? Simak ulasan dari Fibercreme.com berikut ini:

 

Jahe

Jahe punya bentuk seperti jari-jari yang menggembung dengan warna kulit cokelat keabu-abuan. Ketika diiris, daging jahe terlihat berwarna kekuningan dengan serat yang lembut. Selain itu, aroma khas yang tajam akan langsung menghampiri hidung.

Nah, untuk bisa tahu bedanya jahe dengan rempah lain yang serupa, Anda perlu mengenali aroma khas jahe. Tak perlu dipotong jahenya, cukup kupas sedikit bagian kulit jahe dengan kuku lalu cium aromanya.

Cara lain untuk tahu bedanya jahe adalah dengan melihat warna dagingnya atau langsung merasakannya dengan lidah.

Akan tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan kalau kita sudah membeli produknya ya. Jangan langsung memakan atau memotong jahe yang masih dijual oleh pedagang.

Baca Juga: Khasiat Kompres Jahe untuk Penderita Osteoarthritis

Kunyit

perbedaan jahe kunyit, bedanya jahe kunyit, beda lengkuas kencur, perbedaan lengkuas kencur, jahe kunyit mirip, lengkuas kencur mirip, perbedaan jahe kunyit lengkuas kencur, apa bedanya jahe dan kunyit

Anda pasti sudah mengenal kunyit sebagai bahan pewarna alami. Kunyit yang punya daging berwarna oranye terang memang bisa memberikan warna cantik pada makanan.

Selain warna, kunyit juga digunakan untuk menambah rasa pada beberapa makanan.

Secara fisik, kunyit punya kulit berwarna cokelat tua dengan daging yang mudah diiris atau diparut. Dagingnya berbeda dengan jahe karena memiliki warna oranye yang sangat khas.

Jika kita belanja di pasar, biasanya pedagang akan memotong beberapa kunyit untuk di-display. Jika ada, maka Anda tak perlu bingung. Ketika melihat dagingnya oranye terang, bisa dipastikan bahwa itu adalah kunyit.

Lengkuas

Lengkuas atau laos punya bentuk mirip seperti jahe, tapi dengan warna kulit cokelat yang tidak rata. Ketika dipotong, daging lengkuas berwarna lebih putih dengan aroma wangi namun tidak terlalu menyengat seperti jahe.

Beranjak dari info di atas, ada tiga karakteristik bisa dijadikan indikator untuk membedakan lengkuas dengan jahe: lihat warna kulitnya, lihat warna dagingnya, dan cium aromanya.

Kencur

Dengan warna kulit cokelat keabu-abuan, kencur sering salah dikira sebagai jahe juga. Akan tetapi kencur bisa dibedakan hanya dengan dilihat kok.

Secara ukuran, kencur lebih kecil dengan jari-jari yang agak bulat. Daging kencur juga berwarna lebih putih dengan aroma kencur yang khas.

*****

Gimana? Sudah bisa membedakan? Atau masih kesulitan membedakan kunyit, jahe, kencur, dan lengkuas? Kalau masih kesulitan, maka saat belanja langsung ke pasar Anda akan kebingungan.

Titipkan belanjaan di Titipku saja. Jika Anda belanja di Titipku, nama produk tertera dengan jelas di aplikasi sehingga Anda tidak akan salah dalam membeli. Selain itu Jatiper Titipku sudah ahli berbelanja, jadi tidak mungkin salah membeli produk yang Anda pesan.

Yuk belanja praktis saja pakai Titipku! Download aplikasinya di Google Playstore atau Apple Appstore.

Tinggalkan Balasan