Begini Cara Merawat Bunga dalam Vas

Titipku – Ada banyak cara untuk mempermanis ruang kamarmu, salah satunya adalah vas berisi bunga-bunga segar dengan warna yang cantik. Ada banyak jenis bunga yang bisa dijadikan sebagai hiasan dalam ruangan, seperti bunga mawar, lily, gerberra, ataupun tulip. Untuk merawatnya pun diperlukan sedikit perhatian, lho! Bila tidak dirawat dengan benar, bunga petikmu akan mudah sekali layu dan beraroma kurang sedap. Nah, bagi kamu yang gemar membeli bunga untuk dijadikan sebagai hiasan kamar atau ingin memperpanjang umur bunga pemberian pacar, berikut adalah tips-tips agar bunga petikmu lebih tahan lama.

Simpan pada Suhu Ruangan

Untuk merawat bunga petik, kamu hanya perlu menyediakan vas bunga atau bisa juga memanfaatkan botol kaca yang sudah dibersihkan sebagai wadah. Setelah itu, kamu cukup menaruh bunga-bunga pada wadah tersebut dan meletakkannya di pojok meja kamarmu atau di dekat jendela. Ingat, jangan terkena sinar matahari langsung ya! Itu hanya membuat bunga petikmu cepat layu.

Potong Tangkai dan Daun

Potong miring tangkai bunga pada bagian bawah dengan pisau tajam. Ini bertujuan untuk memperluas penyerapan air. Lakukan ini secara berulang setiap 2 atau 3 hari dengan memotongnya 1—2cm agar tangkai bunga tetap segar. Gunting juga daun-daun yang berwarna kecoklatan karena daun yang cokelat berarti sudah membusuk. Jika dibiarkan, akan menyebar ke bagian lain dan justru mempercepat proses pembusukan pada bungamu. 

Rajin Mengganti Air

Air yang dibiarkan tergenang di dalam vas selama berhari-hari akan mengundang bakteri dan jamur untuk bersarang. Selain itu, air pada bunga petikmu juga akan beraroma kurang sedap. Maka dari itu, kamu juga harus rajin mengganti air dalam vas bungamu setiap 2 sampai 3 hari sekali. Ini akan memperpanjang umur bunga karena rutin mendapatkan air yang bersih dan segar. Alteratif lainnya yaitu menggunakan hidrogel sebagai pengganti air. Hidrogel berupa bulatan warna-warni seperti kristal yang mampu mempertahankan kelembaban karena sifatnya yang bisa menyerap dan melepaskan air. 

#dirumahaja

Cara merawat bunga dalam vas sebenarnya tidak begitu sulit. Yang diperlukan hanyalah ketelatenan layaknya memperhatikan kesayangan sendiri. Bunga petik yang ditaruh pada vas berisi air biasanya akan bertahan paling lama dua sampai tiga minggu. Jika sudah layu, ada baiknya bunga langsung dibuang karena bisa mempengarui kesuburan bunga lain pada vas sekaligus mengundang nyamuk untuk bersarang. Selama masa pandemik virus Corona ini, kamu bisa memesan bunga secara daring melalui aplikasi Titipku. Ini dia beberapa pedagang yang menjual bunga:

  1. Taman Bunga Elsyifa https://titipku.page.link/7cfB
  2. Lapak Bunga Bu Wiwin https://titipku.page.link/X8HX
  3. ARYA FLORIST https://titipku.page.link/in18
  4. Larissa Florist https://titipku.page.link/XeHB
  5. Saka Floris https://titipku.page.link/joML

Kamu tidak perlu pergi ke pasar yang menjual bunga dan berdesakan dengan pengunjung lain. Cukup unduh aplikasi Titipku dari telepon pintarmu dan ketik kata kunci bunga yang diinginkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan varian vas bunga atau botol kaca cantik dari para penjual yang tergabung di  Titipku. Tahu tidak, kamu turut membantu para pegiat UMKM secara langsung dengan menggunakan aplikasi Titipku lho! Yuk, belanja #DariRumahAja!

 

Tinggalkan Balasan