Begini Caranya Memasak Telur yang Sehat

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Telur juga sangat mudah dimasak dalam berbagai cara, sekaligus digabungkan dengan makanan bergizi tinggi lainnya. Meski telur mentah banyak dipercaya untuk diet otot, ternyata telur lebih aman ketika dimasak terlebih dahulu. Memasak telur sama artinya dengan membunuh bakteri berbahaya yang mungkin masih terkandung di dalam telur. 

Selain itu, memasak atau mengolah telur juga membuat beberapa nutrisi menjadi lebih mudah dicerna. Salah satunya adalah protein. Dilansir dari healthline, tubuh kita dapat mencerna lebih dari 90% protein pada telur yang sudah dimasak, dibandingkan pada saat telur mentah, tubuh kita hanya mampu mencerna sebanyak 50% protein telur. Panas yang dihasilkan pada saat memasak telur dapat mengurai rantai protein yang kompleks, sehingga saat matang protein menjadi lebih mudah dicerna. 

Meski kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya, berbeda cara memasak telur berbeda juga tingkat kesehatannya lho! Ingin memasak telur  yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh? Yuk ikuti tips memasak telur yang sehat berikut. 

 

Pilih Metode Memasak yang Rendah Kalori

Jika kamu ingin mempertahankan berat badan, kamu pasti selalu makan makanan yang rendah kalori bukan? Sama halnya dengan telur, kamu pun bisa memasaknya dengan menggunakan metode yang tidak menghasilkan banyak kalori seperti direbus. Telur dadar atau telur ceplok melibatkanya minyak goreng sehingga menambah jumlah kalori. Meski begitu, tidak ada salahnya sesekali mengganti cara memasak telur agar tidak bosan dengan telur rebus saja. 

Baca Juga: Hindari Membeli Telur Busuk dengan Cara Berikut

Campur Dengan Sayuran

Meski membuat telur ceplok atau dadar artinya menambah jumlah kalori, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan beberapa sayuran lho! Telur juga nikmat ketika dicampur dengan sayuran. Sebaiknya tambahkan sayuran yang tinggi serat dan vitamin agar menu makanan lebih bergizi. 

Baca Juga: Telur Ayam Kampung dan Ayam Ras, Sudah Tahu Bedanya?

Jangan Masak terlalu lama

Semakin panas dan semakin lama kamu memasak telur, semakin banyak pula nutrisi yang hilang dan hancur karena suhu yang tinggi. Hal ini juga berlaku untuk makanan lainnya. Gunakan api sedang untuk membuat telur dadar, ceplok, atau telur orak-arik agar kamu bisa lebih mudah menentukan sudah matang atau tidaknya. 

 

Itulah tadi cara mengolah telur yang sehat. Kalau sudah tahu, yuk waktunya coba mengolah telur dengan cara-cara di atas. Jika pasokan telurmu habis, bisa beli di Titipku loh!

Untuk belanja sayur, telur, dan buah yang bergizi, lebih mudah dan murah belanja lewa Aplikasi Titipku. Bisa belanja di pasar terdekat tanpa perlu repot keluar rumah. Mumpung ada promo gratis ongkir nih. Yuk segera belanja lewat Titipku! Download aplikasinya di sini.

Tinggalkan Balasan