Makanan dan Minuman yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Jauh

PPKM, mobilitas, jauh, perjalanan, perjalanan jauh, jalan jauh

PPKM, mobilitas, jauh, perjalanan, perjalanan jauh, jalan jauh

PPKM di beberapa daerah saat ini sudah mulai menurun levelnya. Artinya, tiap orang sudah boleh melakukan mobilitas meski harus tetap menjaga protokol kesehatan. Sejak minggu lalu, sudah banyak masyarakat yang melakukan perjalanan jauh, dan mungkin Anda sekeluarga salah satunya.

Nah, bicara soal berpergian jauh, MinTip mau kasih tips soal makanan dan minuman apa yang wajib dibawa untuk perjalanan jauh nih. MinTip dapet infonya dari Kumparan. Berikut daftarnya:

 

  1. Air Putih

Tak hanya saat berpergian jauh, tentunya kita membutuhkan air putih untuk mencegah dehidrasi tubuh. Air putih wajib dibawa saat perjalanan jauh agar cairan tubuh tetap terjaga. Dengan cairan yang terjaga, fokus kita saat mengendarai juga bisa lebih baik. Fakta lainnya, menurut jurnal Water, Hydration, and Health dari University of North Carolina tahun 2010, tubuh dapat mudah letih apabila kita kekurangan cairan.

  1. Wedang Jahe

Segelas wedang jahe dapat menjadi obat alternatif bila Anda mengalami mabuk kendaraan. Dijelaskan pada Jurnal Ginger in Gastrointestinal Disorders tahun 2018, ekstrak jahe membantu melancarkan pergerakan makanan di perut. Sehingga, berpotensi juga menurunkan kadar gas perut yang menjadi penyebab utama dari mual selama perjalanan.

  1. Buah Segar

Mempunyai fungsi serupa dengan air, buah-buahan nan segar dapat membantu meningkatkan cairan dalam tubuh. Sebut saja semangka, pir, apel, maupun jeruk. Ragam buah tersebut tak hanya kaya vitamin, tapi juga kaya mineral baik. Namun, bila Anda sedang ingin makan buah yang cukup mengenyangkan dan bermanfaat menambah energi, cobalah membawa pisang sebagai bekal di perjalanan.

  1. Edamame

Kalau Anda sedang ingin makan kacang yang rendah kalori sebagai bekal mudik, maka pilihan terbaik adalah edamame. Meski kacang hijau itu rendah akan kalori, tapi kandungan karbohidrat, protein, sampai seratnya terbilang tinggi. Selain itu, mineral dalam secangkir edamame, sudah memenuhi 79 persen kebutuhan mangan, juga 121 persen asam folat yang dapat meningkatkan energi, lho. Terlebih, asam folat edamame sangat baik bagi para penderita anemia.

  1. Roti Gandum

Bawalah setangkup roti gandum ketika Anda dan keluarga ingin camilan yang cukup berat namun tetap praktis. Kandungan serat dalam roti gandum bisa mencapai 15 persen, sehingga bisa membaut kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tak hanya itu, ternyata serat tak larut tersebut juga dapat berfungsi sebagai prebiotik pada pencernaan. Jadi, bisa memberi makan bakteri baik di usus.

  1. Telur Rebus

Telur sedari dulu memang menjadi sumber protein dengan segudang manfaat. Apabila Anda memilih telur rebus untuk dijadikan bekal, maka itu adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, telur mampu menghalau rasa lelah juga kantuk saat perjalanan panjang.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan bisa jadi camilan andalan guna mengusir rasa kantuk ketika mudik. Makanan satu ini mengandung vitamin B protein, dan karbohidrat kompleks mampu meningkatkan energi tubuh selama perjalanan jauh. Terlebih, karbohidrat kompleks sebagai kandungan baik tersebut, membantu perut terasa lebih kenyang. Jadi, bukan saja menambah energi, melainkan kacang bisa mencegah rasa lemas dan meminimalisasi lapar.

*****

Nah, kalau sudah tahu info ini, Anda sebaiknya mulai mengevaluasi makanan dan minuman yang biasa dibawa berpergian jauh selama ini. Kalau ada yang tidak cocok, alangkah baiknya untuk menggantinya dengan pilihan di atas. Oh ya, makanan dan minuman di atas bisa dibeli pakai Titipku loh, jadi nggak perlu bingung keliling pasar untuk cari produknya. Biar nanti Jatiper saja yang mencarikan produknya dengan kualitas yang terbaik. Yuk download Titipku dan mulai belanja kebutuhan berpergian jauh #DariRumah.

Tinggalkan Balasan