Belanja Hemat di Awal Bulan? Bisa Banget!

Banyak karyawan yang menerima gaji di awal bulan. Biasanya, usai gajian, orang akan kalap untuk belanja sesuatu. Jika keinginan ini tidak dikontrol, bisa jadi kegiatan belanjamu berujung tragis loh. Pengeluaranmu di awal bulan akan membengkak, dan sisa uangmu tinggal sedikit.

Untuk menahan hasrat belanja banyak di awal bulan, simak tips-tips dari Haikamu.com berikut ini yuk:

 

  • Buat Rencana Makan Bulanan

Meskipun sulit untuk merencanakan menu makan sebulan sebelumnya, ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang terkait bahan makanan. Jika kamu tahu apa yang akan dimasak sebulan ke depan, kamu punya waktu untuk menemukan atau mencari bahan makanan dengan harga lebih murah, terlebih jika memanfaatkan promo.

Selain itu, jika berencana untuk menggunakan bahan yang sama di beberapa resep bulan itu, kamu dapat membeli dalam jumlah besar. Ini akan semakin menghemat pengeluaran. Berdasarkan penelitian, pembelian secara grosir dapat menghemat pengeluaran sebesar 20%.

  • Tabungan Otomatis

Automate savings atau menabung secara otomatis akan membantu memastikan bahwa kamu secara konsisten mencapai tujuan menabung. Menabung juga menjadi salah satu cara berhemat. Jadi, di awal bulan saat baru gajian, uang kamu sudah otomatis terbagi untuk simpanan, serta untuk kebutuhan. Dengan mengotomatiskan tabungan dan memasukkan sejumlah uang ke dalam rekening terpisah setiap bulannya, tidak akan terasa nantinya tabunganmu akan berkembang.

Baca Juga: Siap-Siap Atur Keuangan di Akhir Bulan dengan Cara Ini

  • Di Rumah Saja Bersama Keluarga

Membawa keluarga keluar pada hari Sabtu atau Minggu dapat menghabiskan banyak waktu dan uang. Terlebih di awal bulan di mana kita baru gajian. Jadi keinginan untuk mengeluarkan uang pun lebih tinggi. Padahal pengeluaran tersebut bisa dimanfaatkan dengan membeli beberapa makanan serta perangkat permainan yang bisa dimainkan di rumah. Sebaiknya, kamu dan keluarga beraktivitas santai di rumah saja ketika akhir pekan. Lebih aman juga karena sedang pandemi.

  • Bandingkan Harga Saat Belanja

Ini hal yang penting saat berbelanja: lakukan perbandingan harga saat belanja di awal bulan. Walaupun terkesan sepele, selisih harga yang berbeda bisa menjadi peluang untuk berhemat. Misalnya, kamu ingin membeli barang elektronik, jangan hanya melihatnya pada satu toko saja, namun bandingkan harganya dengan toko-toko lainnya. Tujuannya untuk mendapatkan nominal sepadan sesuai yang kamu harapkan.

Baca Juga: Makanan Akhir Bulan Anak Kost yang Patut Dicoba

  • Pastikan Semua Teratur

Hidup teratur memang butuh kemauan dan konsistensi, namun pola ini akan mengarahkanmu pada hidup hemat di awal bulan. Misalnya, simpan semua perlengkapan mandi di satu tempat di lemari, agar saat habis kita tahu ke mana harus mencarinya. Kamu bisa juga membuat daftar barang-barang yang sekiranya dibutuhkan untuk dibeli. Ini mungkin tampak sederhana, tetapi hal bisa mencegah dari penggandaan pembelian sabun yang sebenarnya tidak kamu butuhkan karena masih ada pasokan di rumah.

 

Jika ingin belanja hemat, belanja #dariRumah saja pakai Titipku. Tidak perlu biaya bensin untuk menuju ke toko, dan tidak perlu repot.

Nggak percaya? Download Titipku sekarang dan coba belanja hemat di Titipku.

Tinggalkan Balasan