Makanan Akhir Bulan Anak Kost yang Patut Dicoba

“Semua anak kost akan menjadi chef handal pada waktunya.” Itulah anekdot atau candaan yang disematkan untuk kondisi anak kost di akhir bulan. Bagaimana tidak, mereka harus bertahan dengan sisa uang yang dimiliki. Jika ada anak kost yang boros di awal bulan, dapat dipastikan di akhir bulan ia akan memutar otak untuk membuat masakan yang enak dengan bahan semurah mungkin. Dari situlah muncul berbagai masakan khas akhir bulan anak kost.

Ciri dari masakan akhir bulan anak kost adalah bahannya bisa dibeli dengan harga murah, seperti tempe, telur, dan mie instan. Merujuk artikel dari Mamikos.com, yuk simak beberapa makanan akhir bulan anak kost yang lezat dan bisa kita coba buat juga.

 

  • Scramble Egg

Makanan ini cukup sederhana secara pembuatan dan bahannya pun hanya membutuhkan 3 bahan, yakni garam, telur, dan sedikit mentega (mungkin bisa ditambahkan juga bubuk cabai jika suka pedas). Scramble egg adalah telur yang digoreng dan diorak-arik sehingga menciptakan tekstur yang halus. Untuk membuat tekstur yang lembut mungkin membutuhkan lebih dari 1 butir telur. Tapi tidak masalah, jika telur yang dihasilkan terlalu banyak, itu bisa buat makan selanjutnya asal disimpan dengan benar supaya awet.

  • Nasi Goreng

Jika di akhir bulan yang tersisa hanyalah beras dan beberapa bumbu, maka nasi goreng adalah jawabannya. Pada dasarnya, bahan dasar nasi goreng yang umum ditemui adalah nasi, bawang putih, bawang merah, garam, dan cabai. Jika kamu sudah memiliki kesemua bahan itu, kamu bisa membuat nasi goreng. Kreasikan juga sisa bahan makanan lainnya agar nasi gorengmu semakin spesial. Misalnya menambahkan bawang goreng, abon, atau telur.

  • Piza Mie

Mie instan ternyata juga bisa kamu kreasikan menjadi menu makanan enak lainnya, lho. Salah satunya kamu bisa membuat pizza mie. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan mie instan yang sudah matang ke dalam telur, lalu goreng dengan sedikit minyak. Hasilnya akan berupa mie goreng yang berbentuk lingkaran seperti piza. Tambahkan sedikit saus, maka citarasanya akan semakin mantap.

  • Sup Sayur

Buanglah keengganan untuk mengonsumsi sayur jika akhir bulan sudah datang. Sayur adalah bahan makanan yang murah dan fleksibel karena bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya menjadi sup sayur. Campurkan saja wortel, brokoli, buncis, kembang kol, dan kubis ke air mendidih lalu campurkan garam, bawang, dan kaldu ayam. Masak hingga matang lalu pindah ke mangkok. Sup sayur siap disantap.

  • Sambal Goreng Teri

Sebagai anak kos, kamu memerlukan makanan yang bisa tahan lama, seperti sambal goreng teri. Makanan ini bisa tahan hingga seminggu. Rasanya yang pedas, asin, dan sedikit manis akan terasa lezat jika dipadukan dengan nasi panas.

Baca Juga: 10 Manfaat Sambal Pedas Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker!

 

Bagi kamu anak kost yang ingin mulai menyiapkan bahan-bahan makanan untuk akhir bulan, bisa banget nih belanja di Titipku. Selain proses belanjanya aman karena hanya dilakukan #DariRumah, Titipku juga menyediakan promo yang membuat belanjaanmu makin hemat. Salah satu promo menarik yang bisa dipakai adalah promo ASIKDISKON. Promo ini memberimu Diskon 50% tanpa minimal nominal pembelian. Promo ini hanya berlaku 2 hari, yakni di tanggal 18 – 19 Februari 2021, jadi jangan lupa untuk memanfaatkan promo ini ya!

Unduh aplikasi Titipku dan belanja kebutuhan pangan akhir bulan sekarang!

Tinggalkan Balasan