Benarkah Kacang Bisa Menyebabkan Jerawat?

Titipku – Banyak yang menganggap kacang dapat menyebabkan jerawat. Makanya, konsumsi kacang sangat dibatasi, bahkan dihindari oleh sebagian orang agar jerawat di wajah tidak timbul. Dilansir dari hallosehat.com, para ahli masih berbeda pendapat akan hal ini. Penelitian yang dilalukan menunjukkan bahwa kacang tidak menimbulkan jerawat.

Hal yang membuat orang-orang percaya bahwa kacang bisa menyebabkan jerawat adalah kacang mengandung lemak. Padahal lemak yang terkandung dalam kacang adalah lemak tak jenuh, jenis lemak baik yang justru bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berbeda jika kacang-kacangan diolah dengan cara digoreng. Maka kada lemak jenuhnya akan menjadi tinggi. Minyak yang digunakan untuk menggoreng, juga mengandung lemak jenuh. Nah, kacang goreng yang dikonsumsi berlebihan inilah, yang memang bisa memicu masalah pada kulit tak terkecuali jerawat.

Maka dari itu, jika ingin mengonsumsi kacang, pilihlah kacang yang dipanggang. Hindari makan kacang yang digoreng secara berlebih. 

Selain itu, sebisa mungkin batasi konsumsi makanan manis dan berkadar gula tinggi. Dikarenakan, dapat meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah dan bisa memicu produksi hormon androgen yang menjadi penyebab jerawat.

Kandungan nutrisi dalam kacang 

Dikutip dari halodoc.com, pada tahun 2005 dan 2006 dilakukan penelitian yang salah hasilnya adalah kacang memang mengandung lemak yang tinggi. Tetapi tidak cukup banyak sampai membuat penumpukkan, bahkan penyumbatan lemak pada pori-pori kulit sampai menyebabkan jerawat. 

Penyebab jerawat sebenarnya disebabkan karena adanya alergi terhadap kacang. Bukan karena konsumsi kacang saja.

Untuk mengujinya, kamu bisa menghindari makan kacang selama 1-2 bulan. Lihat perubahannya. Bila setiap makan kacang, wajahmu jadi jerawatan dan setelah dua bulam tidak makan kacang, wajahmu bersih. Kemungkinan besar kamu punya alergi terhadap kacang.

Kacang justru bermanfaat bagi kecantikan kulit. Bahkan bisa membantu mengurangi jerawat. Kacang mengandung lemak omega-3 yang punya sifat anti radang.

Beberapa jenis kacang seperti kacang mete dan kacang almond, juga mengandung asam oksalat yang baik untuk merawat kesehatan kulit dan mencegah jerawat. Kacang kedelai mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan baik untuk kecantikan kulit.

Omega-3 memiliki khasiat dapat membantu melawat inflamasi pada tubuh, mencegah kulit kering, dan mencegah penuaan dini.

Penyebab jerawat

Di lansir dari halodoc.com, jerawat pada wajah bisa timbul kaetika folikel rambut tersumber oleh campuran kotoran, sel kulit mati, dan sebum (zat yang dihasilkan oleh kelenjar minyak yang berfungsi untuk melembabkan kulit).

Jerawat juga bisa dipicu oleh hormon. Dikutip dari hallosehat.com, jerawat pada wajah bisa tumbuh karena kondisi hormon androgen. Kepekaan kulit terhadap hormon ditambah dengan bakteri pada kulit dan asam lemak di kelenjar minya, bisa memicu tumbuhnya jerawat.

Naik turunnya hormon saat perempuan sedang datang bulan, menyentuh wajah dengan tangan dalam keadaan tidak bersih, menggunakan helm, atau sarung bantal yang tidak bersih, juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat.

Jadi, tidak valid, ya, kalau konsumsi kacang bisa menyebabkan jerawat. Sebagai catatan, membatasi konsumsi kacang yang digoreng, menjadi antisipasi agar tidak timbul jerawat. Mengingat minyak goreng, bisa menambah kadang lemak jenuh kacang yang jadi pemicu jerawat. Aman-aman saja mengonsumsi jerawat, asal tidak berlebihan.

Rewrite: hallosehat.com dan halodoc.com

Tinggalkan Balasan