Berbuka dengan Makanan Bersantan, Sehatkah?

makanan bersantan

Titipku –  Bulan Ramadhan identik dengan menu-menu makanan yang beraneka ragam untuk sahur dan berbuka. Pastinya menu makanan bersantan seperti kolak dan berbagai jenis es kerap menghiasi meja makan. Namun, apakah sehat berbuka puasa menggunakan berbagai makanan dengan bahan sari kelapa ini?

Makanan berbahan santan sering kali menjadi pilihan untuk berbuka. Masyarakat Indonesia pun gemar mengonsumsi makanan yang bersifat pedas dan berlemak. Namun, tahukah kamu bahwa makanan bersantan tidak dianjurkan untuk dimakan dalam jumlah banyak?

 

dampak makanan bersantan

makanan bersantan
Sumber: https://www.kapanlagi.com/infeed/cara-mengolah-makanan-bersantan-yang-aman-untuk-kesehatan-4512.html

Konsumsi santan secara berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Jika santan dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat seperti LDL.

Jenis makanan bersantan juga sebenarnya cukup berbahaya. Sebab selain menyebabkan gangguan kolesterol tubuh, santan juga dapat menyebabkan gejala maag. Selain itu, santan mengandung lemak jenuh dan tak jenuh, gula, kalsium, sedikit protein serta mineral lainnya.

Lemak tersebut dapat menyebabkan beberapa gangguan pada lambung seseorang. Pada dasarnya lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna di dalam lambung. Karena itu, kandungan lemak pada santan juga dapat memperparah gejala dispepsia seperti mual, perut terasa begah dan nyeri ulut hati.

Berdasarkan hal tersebut, maka hindarilah makanan bersantan atau kaya lemak saat perut kosong dan saat berbuka puasa.

Baca Juga: Aneka Kreasi Kuliner Nusantara Berbahan Santan

 

hindari makanan bersantan saat puasa

Jadi, kini kamu sudah mengetahui bahwa tidak baik mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan terutama untuk menu buka puasa. Hindarilah makanan dengan kandungan santan yang tinggi, dan pilihlah sumber makanan yang lebih sehat untuk menunjang kesuksesan puasa kamu sebulan penuh. Sumber makanan sehat yang sangat disarankan adalah sayuran dan buah-buahan.

Nah jika kamu perlu berbelanja ke pasar untuk membeli sayur dan buahuntuk berbuka, bisa banget belanja pakai aplikasi Titipku. Belanja pakai aplikasi itu praktis, sebab kita tak perlu ke luar rumah dan belanja langsung. semua proses belanja akan dilakukan oleh Jatiper Titipku.

Selain sayuran dan buah-buahan, kamu juga bisa mencari berbagai macam produk UMKM Indonesia melalui Titipku lho. Ada banyak pedagang UMKM di seluruh Indonesia yang tergabung Titipku. Kamu bisa menemukan aneka kerajinan hingga produk makanan jadi di Titipku.

Download Titipku sekarang di Google Playstore dan selamat berbelanja di Pasar Online yang ada di Titipku!

Tinggalkan Balasan