Berikut Resep Sambel Ayam Geprek Khas Pencipta Aslinya

resep sambel ayam geprek, resep masakan ayam, resep masakan ayam sederhana, resep masakan sehari hari terbaru, resep aneka masakan ayam nusantara, resep masakan dari ayam, resep masakan ayam pedas, resep masakan indonesia sehari-hari sederhana

Bagi Moms yang mencintai resep masakan ayam pedas, pastinya Moms pernah mencoba ayam geprek. Hidangan satu ini adalah menu ayam goreng tepung ala-ala KFC yang diuleg bersama sambel yang khas. Resep masakan ayam sederhana rumahan ini belakangan naik daun di seluruh Indonesia dan tiap toko punya resep rahasia dan cara bikin sambel ayam geprek yang khas.

Rupanya, resep masakan ayam geprek ini berasal dari Kota Pelajar Yogyakarta loh! Pelopor ayam geprek di Indonesia adalah Ibu Ruminah atau Bu Rum. Pada 2003, Bu Rum sudah mulai berjualan di Yogyakarta, namun saat itu belum ada menu ayam geprek. Suatu hari, ada pembeli yang minta dibuatkan sambal bawang. Rupanya sambal bawang itu sangat enak hingga pelanggan itu minta untuk mencampurkannya dengan ayam goreng tepung.

Resep masakan ayam sederhana ini kemudian menyebar dari mulut ke mulut hingga akhirnya kini  kita mengenal menu ayam goreng yang dicampur sambel ayam geprek yang khas. Namun, masih sedikit yang tahu cara bikin sambel ayam geprek yang khas.

Resep sambel ayam geprek ini bisa menjadi resep masakan sehari hari terbaru buat keluarga Moms yang belum pernah mencoba ayam geprek sebelumnya. Juga, resep ini bisa menjadi pilihan resep masakan dari ayam yang mungkin bisa menambah variasi masakan di rumah. Yuk simak cara membuatnya!

Baca Juga: Ayam Rebus Bisa Empuk? Ini Rahasianya

Sambel Ayam Geprek

resep sambel ayam geprek, resep masakan ayam, resep masakan ayam sederhana, resep masakan sehari hari terbaru, resep aneka masakan ayam nusantara, resep masakan dari ayam, resep masakan ayam pedas, resep masakan indonesia sehari-hari sederhana

Jika merunut sejarahnya, maka sambel ayam geprek yang digunakan di ayam geprek adalah sambal bawang. Namun, belakangan ini diketahui bahwa cara bikin sambel ayam geprek yang asli sedikit berbeda dengan sambal bawang biasa.

Pada sambal bawang biasa, bahan yang digunakan hanyalah cabai, bawang, garam, minyak panas, dan sedikit penyedap rasa. Namun, sambel ayam geprek yang khas asli Yogyakarta membuat sambel ayam geprek dengan bahan yang berbeda, yakni dengan mencampurkan terasi di dalam sambelnya.

Baca Juga: Berapa Lama Sih Waktu yang Diperlukan untuk Ungkep Ayam?

Resep Sambel Ayam Geprek

resep sambel ayam geprek, resep masakan ayam, resep masakan ayam sederhana, resep masakan sehari hari terbaru, resep aneka masakan ayam nusantara, resep masakan dari ayam, resep masakan ayam pedas, resep masakan indonesia sehari-hari sederhana

MinTip sudah melakukan observasi dan mengamati cara bikin sambel ayam geprek di sentra ayam geprek di daerah Demangan baru Yogyakarta. Rupanya, resepnya memang cukup berbeda dengan sambel bawang biasa.

Nah, buat Moms yang ingin coba buat sambel ayam geprek yang otentik, berikut resepnya:

Bahan:

  • Ayam goreng tepung crispy
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1 siung bawang putih
  • ½ buah tomat merah segar yang diiris tipis
  • ½ sdt terasi
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, gorenglah ayam goreng tepung crispynya terlebih dahulu. Siapkan bagian ayam favorit, balur dengan tepung, campur dengan bumbu seperti garam dan merica, lalu goreng dengan minyak panas hingga matang. Pastikan tepung yang membalur ayam tebal dan renyah seperti ayam tepung KFC ya!
  • Jika ayam sudah matang, tiriskan dan diamkan sebentar supaya tidak terlalu panas dan minyaknya tidak melukai tangan saat proses penggeprekan.
  • Siapkan cobek, masukkan cabai, bawang, penyedap rasa, dan garam, lalu haluskan dengan cara diuleg.
  • Jika sudah halus, masukkan terasi dan tomat, uleg kembali hingga halus.
  • Jika sambel sudah jadi, masukkan ayam goreng tepung crispy ke dalam cobek, geprek ayam tersebut. Ambil sendok untuk membantu membalut ayam dengan sambel yang sudah dibuat. Pastikan seluruh bagian ayam terlumuri sambelnya ya.
  • Jika sudah, pindahkan ayam geprek ke piring saji. Ayam geprek dengan sambel otentiknya siap dihidangkan bersama sepiring nasi hangat dan jika perlu, kuah gulai.
*****

Itulah cara bikin sambel ayam geprek otentik hasil dari observasi MinTip. Resep ini bisa menjadi pilihan aneka resep masakan ayam yang bisa dibuat di rumah, menjadi resep aneka masakan ayam nusantara yang bisa dikenalkan ke Moms lain, atau sekadar menjadi resep masakan Indonesia sehari-hari sederhana.

Untuk bahan-bahannya sangat mudah ditemui jika Moms belanja ke pasar. Moms juga bisa belanja bahan-bahan itu secara online pakai Titipku!

Jika belanjanya pakai Titipku, Moms tak perlu membuang waktu untuk belanja langsung. Akan lebih baik, jika waktunya digunakan untuk me time aja. Ingat, Moms perlu me time juga ya supaya nggak burnout dengan kerjaan sehari-hari.

Yuk download Titipku di Google Playstore dan Apple Appstore sekarang dan mulai belanja praktis bersama Titipku!

Tinggalkan Balasan