Berapa Lama Sih Waktu yang Diperlukan untuk Ungkep Ayam?

ungkep ayam, cara ungkep ayam, tips ungkep ayam, mengungkep ayam, proses ungkep ayam, ayam ungkep

Apakah kamu suka memasak ayam goreng? Nah, tahukah kamu bahwa memasak ayam agar tetap matang dengan sempurna tetapi juga tetap juicy adalah dengan mengungkep nya terlebih dahulu?  Setelah ungkep ayam selesai, ayam dapat kamu simpan untuk dimasak di lain hari atau bisa juga langsung diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti sup ayam atau ayam goreng.

Lama Ungkep Ayam

ungkep ayam, cara ungkep ayam, tips ungkep ayam, mengungkep ayam, proses ungkep ayam, ayam ungkep
Sumber: Suara.com

Agar ayam matang dengan sempurna, proses ungkep ayam butuh waktu berapa lama sih? Waktu mengungkep ayam tergantung dari jumlah ayam serta bagian apa yang digunakan. Masing-masing ayam seharusnya diungkep dengan waktu yang berbeda, agar dagingnya dapat matang dengan sempurna. Apalagi jika yang kamu mengungkep ayam beku.

Nah, berikut waktu ungkep ayam yang disarankan.

  1. Dada ayam segar: 15  – 20 menit, atau 20-3- menit untuk ayam beku.
  2. Paha, kaki, dan sayap ayam segar: 20 – 30 menit atau 30 – 40 menit untuk ayam beku.
  3. Ayam utuh segar (kurang dari 2 kg): 30 – 40 menit atau 60 menit untuk ayam beku.
  4. Ayam utuh segar (lebih dari 2 kg): 40 – 60 menit atau 60 – 90 menit untuk ayam beku.
  5. Ayam tenders atau fillet segar: 5 – 10 menit atau 10 – 15 menit untuk ayam beku.

Baca Juga: Ayam Rebus Bisa Empuk? Ini Rahasianya

Tips Ungkep Ayam yang Tepat

ungkep ayam, cara ungkep ayam, tips ungkep ayam, mengungkep ayam, proses ungkep ayam, ayam ungkep
Sumber: Okezone

Setelah kamu paham ungkep ayam berapa lama, sekarang waktunya untuk tahu tips ungkep ayam yang tepat. Berikut tips-tips yang dapat kamu coba di rumah:

  1. Potong Ayam dengan Ukuran Lebih Kecil

Jika biasanya kamu langsung memasukkan ayam utuh, maka sudah saatnya kamu membiasakan memotong ayam dengan ukuran kecil terlebih dahulu. Selain mudah di makan, ayam yang diungkep dengan ukuran kecil bumbunya lebih mudah meresap.

  1. Berikan Bumbu Halus

Untuk bumbu ungkep ayam sebenarnya cukup simple, yakni bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, kunyit, kemiri, sereh, serta daun salam. Jika kamu membuat bumbu untuk porsi yang tidak begitu banyak, maka kamu dapat menghaluskan bumbu dengan menggunakan cobek. Cara ini dikatakan dapat memberikan cita rasa yang lebih enak. Namun, jika kamu mengungkep ayam dalam porsi banyak, maka kamu dapat menggunakan blender atau chopper agar lebih mudah dan mempersingkat waktu memasak.

  1. Masukkan Ayam ke Dalam Kulkas Semalaman

Ini merupakan tips agar ayam goreng kamu menjadi lebih gurih dengan daging yang lunak. Ketika mengungkep ayam, masak ayam hingga airnya mendidih, tidak perlu sampai masak. Lalu, matikan kompor dan biarkan dingin. Kalau sudah dingin, masukkan ayam bersama dengan kuahnya ke dalam plastik kedap udara atau kotak. Setelahnya, simpan ayam tersebut di dalam kulkas, di bagian bawah saja, bukan freezer semalaman. Jika sudah didinginkan semalaman, masak lagi hingga ayam matang dan airnya menyusut. Selanjutnya, ayam dapat kamu goreng sesuai selera.

  1. Gunakan Api Kecil saat Ungkep Ayam

Cara mengungkep ayam yang benar adalah dengan menggunakan api kecil atau slow cooking. Memang prosesnya akan lebih lama, namun cara ini bisa membuat bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging.

  1. Gunakan Air Secukupnya

Ketika proses ungkep, ayam yang direbus bisa mengeluarkan cairan. Jadi, pastikan kamu mengungkep ayam dengan air secukupnya. Namun, jika kamu menggunakan ayam kampung, gunakanlah air sedikit lebih banyak. Sebab, ayam kampung membutuhkan proses yang lebih lama untuk bisa membuatnya lebih lunak.

Baca Juga: Resep Ayam Bumbu Kuning yang Menggoda Selera

 

Jadi, itulah 5 tips ungkep ayam yang dapat kamu coba. Jangan lupa juga ungkep ayam sesuai waktu yang telah dijelaskan di atas ya, agar ayam dapat matang dengan sempurna dan enak saat dimakan.

Nah, jika kamu butuh ayam untuk diungkep, bisa banget nih belanja pakai Titipku. Titipku adalah aplikasi belanja terbaik yang memungkinkanmu belanja kebutuhan pokok dari supermarket atau pasar terdekat dari rumah. Saat ini sudah ada lebih dari 140 pasar di Jabodetabek yang tersedia di Titipku. Banyak banget kan pilihannya?!

Tunggu apa lagi, ayo download Titipku di Google Playstore atau Apple Appstore dan mulai belanja praktis bersama Titipku. FYI: Ada promo gratis ongkir khusus buat kamu!

Tinggalkan Balasan