Cara Jaga Porsi Gizi Makanan Selama WFH Ala Kemenkes

Selama masa pandemi COVID-19, tetap berada di rumah adalah hal yang terpenting. Meski demikian, kita juga perlu untuk menjaga gizi seimbang guna mengoptimalkan kinerja sistem daya tahan tubuh. Asupan gizi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral merupakan menu harian yang perlu dipenuhi.

Yuk simak makanan apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi gizi kita selama masa pandemi. Daftar ini dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia loh, jadi wajib untuk dicoba.

 

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat meliputi nasi, jagung, kentang, umbi, dan sagu. Dari pilihan makanan tersebut, sagu adalah bahan makanan yang mengandung karbohidrat paling tinggi, sehingga cocok untuk menggantikan energi yang hilang

  • Protein

Protein banyak ditemukan di produk-produk hewani, namun ada juga beberapa sayuran yang memiliki protein yang bisa kamu baca lebih lanjut di sini! Makanan berprotein yang disarankan meliputi: tempe, kacang-kacangan, daging, telur, ayam, dan ikan.

  • Vitamin

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin terbaik bagi tubuh. Selain vitamin, sayur dan buah juga mengandung serat dan mineral. Kandungan gizi dan vitamin yang kaya dalam sayur dan buah berperan untuk mengoptimalkan sistem imunitas di kala masa pandemi. Agar tidak bosan, bisa coba menggunakan sayur dan buah yang berwarna-warni ya!

  • Mineral

Mineral adalah cairan yang diperlukan tubuh agar tetap terhidrasi. Mineral yang terbaik bagi tubuh adalah air putih. Meminum 8 gelas air putih per hari sangat disarankan di masa pandemi ini.

 

Ternyata, untuk memenuhi kebutuhan gizi selama masa pandemi tidak terlalu susah ya. Semua bahan di atas bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional terdekat. Agar tidak monoton, kamu juga bisa berkreasi membuat masakan yang berbeda-beda tiap harinya.

Supaya kegiatan belanjamu lebih aman, kamu bisa belanja #DariRumah saja via aplikasi Titipku. Di aplikasi Titipku ada ratusan pedagang pasar yang menjual sayur, buah, daging, dan sembako yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harianmu. Hebatnya lagi, di Titipku kamu bisa belanja di banyak pedagang di satu area pasar dan cukup bayar ongkirnya sekali. Jadi lebih hemat kan?

Kalau mau lebih hemat lagi, kamu bisa pakai promo yang disediakan oleh Titipku. Mau promo diskon harga atau promo gratis ongkir, semua tersedia! Cek promo Maret Asik di sini! Download aplikasinya sekarang dan selamat berbelanja kebutuhan pangan bergizi #DariRumah!

 

Sumber: https://tirto.id/tips-jaga-porsi-gizi-makanan-selama-new-normal-pandemi-covid-19-fPa5

Tinggalkan Balasan