Pahami Cara Memilih Beras dengan Kualitas yang Baik

beras, rice, memilih beras, memilih beras dengan kualitas baik, beras dengan kualitas baik, beras berkualitas baik

beras, rice, memilih beras, memilih beras dengan kualitas baik, beras dengan kualitas baik, beras berkualitas baik

Salah satu bahan pokok bagi masyarakat Indonesia adalah beras. Beras adalah sumber karbohidrat utama yang dimakan mayoritas masyarakat Indonesia. Apapun jenis berasnya, mau beras merah atau putih, pasti selalu tersaji hangat di meja makan. Beras juga menjadi komoditi yang harganya cukup fluktuatif. Hal ini bisa menjadi buruk jika kita salah memilih beras dengan kualitas yang jelek saat harga beras naik. Nah oleh karenanya, kita musti tahu tanda-tanda beras yang kualitasnya baik.

Melansir dari Superapp.id, berikut tips-tips memilih beras yang berkualitas baik.

 

  • Perhatikan Warna Beras dan Tekstur Beras

Pertama-tama, perhatikan warna dan tekstur beras. Mengingat saat ini sudah banyak beras yang dicampur dengan berbagai pemutih, maka memperhatikan warna beras sangat penting agar Anda mendapat beras berkualitas baik. Beras yang tidak terlalu putih (tampak sedikit kuning) biasanya tidak mengandung perwarna.

Lalu perhatikan juga tekstur beras tersebut. Dari situ, Anda bisa mengetahui apakah beras tersebut cocok untuk konsumsi atau tidak. Beras yang berkualitas memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah patah saat ditekan.

  • Amati Penampilan Berasnya

Setelah memperhatikan warna dan tekstur beras, selanjutnya Anda perlu melihat bentuk berasnya. Caranya adalah dengan mengamati butiran beras tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa melihat apakah beras tersebut produk beras yang masih baru atau sudah lama. Lihat pada tangan Anda apakah di tangan Anda terdapat bekas seperti tepung atau tidak setelah menyentuh beras. Jika ada, maka beras tersebut sudah mendekati masa kadaluarsa.

  • Pastikan Berasnya Aman dari Kutu

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus memastikan bahwa beras yang Anda beli tidak terdapat kutu di dalamnya. Umumnya, beras yang terdapat kutu menandakan bahwa beras tersebut sudah berumur lama. Beras yang usianya sudah lama, umumnya tidak bersih dan kurang baik untuk kesehatan.

  • Cium Aroma Beras

Saat ini, di pasaran sudah banyak beredar jenis beras yang mengandung pewangi buatan. Beras yang mengandung pewangi buatan umumnya menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih beras yang aromanya wangi yang normal dan tidak berbau apek untuk menghindari membeli beras yang sudah terkontaminasi zat kimia.

  • Hati-Hati dengan Harga Beras Murah

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan harga beras. Di pasaran, ada beragam harga beras yang ditawarkan. Adapun acuan untuk harga beras tersebut ditentukan berdasarkan kualitas berasnya. Sehingga, semakin bagus kualitas berasnya maka harganya juga akan semakin mahal. Jika kebetulan Anda menemukan beras dengan jenis yang oke namun dijual dengan harga terlalu murah, sebaiknya berhati-hati. Karena dikhawatirkan beras tersebut memiliki kualitas yang tidak baik atau ia sudah terlalu lama.

  • Pastikan Membeli di Toko Terpercaya

Selain memastikan berasnya tidak memiliki kutu, cara selanjutnya adalah dengan membeli beras di toko yang terpercaya. Hal ini sangat penting dilakukan agar berasnya benar-benar terjamin. Karena membeli beras di toko yang sembarangan bisa menimbulkan dampak yang tidak baik.

Jika Anda membeli beras lewat aplikasi Titipku, silakan membeli beras di toko yang bertuliskan “Lapak Unggulan”. Toko-toko ini sudah dijamin kualitas barangnya, sehingga Anda tidak akan kecewa dengan produk beras yang dipesan. Jatiper kami juga sudah berpengalaman dalam memilih produk sehingga jangan khawatir dengan produk yang mereka belikan. Yuk download dan mulai belanja pakai Titipku saja.

Tinggalkan Balasan