Moms Wajib Tahu! Cara Menambah Berat Badan Bayi

bayi, baby, berat bayi, berat badan bayi

bayi, baby, berat bayi, berat badan bayi

Hai Moms, apakah Anda memiliki bayi yang berat badannya kurang optimal? Jika ada, kondisi ini biasanya disebabkan karena beberapa hal, di antaranya: posisi menyusui yang tidak benar sehingga bayi lelah dan malas menyusu, durasi menyusui terlalu singkat, menurunnya volume ASI yang dihasilkan, sariawan pada bayi yang membuat tidak nyaman saat menyusu, dan bayi yang kesulitan mengisap ASI karena bayi mengalami tongue-tie. Jika hal ini terjadi, Moms perlu berpikir soal cara-cara menambah berat badan bayi.

Melansir dari Alodokter.com, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan bayi:

 

  1. Aktif Menyusui

Hal pertama yang bisa Moms lakukan untuk membantu menaikkan berat badan si kecil adalah dengan aktif menyusui. Bila memungkinkan, Moms bisa menyusui Si Kecil setiap 2-3 jam sekali dengan durasi 20 menit. Bila Si Kecil terlihat mengantuk atau berhenti menyusu sebelum 20 menit, Moms disarankan untuk mengganti posisi menyusui, membantunya untuk bersendawa terlebih dahulu, atau menggelitik kaki bayi untuk membuatnya menyusu kembali.

  1. Memberikannya Makanan Bergizi

Jika bayi sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), berikanlah ia makanan bergizi yang kaya akan kalori, protein, serat, dan lemak baik. Contohnya adalah minyak zaitun, pisang, alpukat, keju, dan yoghurt. Sebagai tambahan, Moms juga bisa memberikan bayi susu formula.

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Bila kurangnya berat badan bayi disebabkan oleh penurunan produksi ASI Moms, konsumsilah beragam makanan bergizi, khususnya makanan yang dapat memperbanyak ASI, seperti: gandum, bawang putih, sayuran hijau, wortel, stroberi, dan lemon. Jangan lupa juga untuk beristirahat yang cukup, mencukupi kebutuhan cairan, dan memijat payudara untuk meningkatkan produksi ASI.

  1. Menemui Konsultan Laktasi

Jika perlu, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang merupakan konsultan laktasi. Moms akan diajarkan cara-cara untuk meningkatkan produksi ASI, termasuk posisi yang nyaman dan tepat saat menyusui. Berkonsultasi dengan pihak yang lebih paham bisa membuat penanganan permasalahan berat badan bayi lebih efektif dan tepat.

  1. Mempertimbangkan Tindakan Operasi untuk Tongue-Tie

Jika bayi mengalami tongue-tie, dokter anak biasanya akan menyarankan frenotomy, yaitu tindakan operasi untuk memotong jaringan tipis di bawah lidah agar lidah bayi bisa bergerak bebas dan mampu menghisap ASI dengan baik.

*****

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan berat badan bayi secara natural. Selain bayi diberi nutrisi dan makanan yang tepat, Moms juga harus memenuhi nutrisi diri sendiri. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Makanan bernutrisi seperti sayur dan buah ini bisa dibeli #DariRumah pakai Titipku! Penasaran dengan aplikasi keren satu ini? Yuk coba download aplikasinya sekarang!

Tinggalkan Balasan