Jangan Asal Beli! Ikuti Tips Pilih Pelembap Kulit Bayi Ini

pelembap, pelembab. pelembap kulit, pelembab kulit, pelembap kulit bayi, pelembab kulit bayi, kulit bayi, bayi

pelembap, pelembab. pelembap kulit, pelembab kulit, pelembap kulit bayi, pelembab kulit bayi, kulit bayi, bayi

Kulit bayi adalah jenis kulit yang sensitif. Selain mudah terpapar alergi, kulit ini juga sering kering. Kulit bayi yang kering biasanya ditandai dengan munculnya sisik di permukaan kulit, sehingga membuat tekstur kulit kasar dan membuat gatal. Untuk mencegahnya, kita sebagai orang tua perlu untuk memilih produk pelembap kulit bayi yang tepat.

Melansir dari Kumparan.com, berikut tips memilih pelembap kulit bayi yang aman bagi bayi.

 

Tanpa Paraben

Paraben adalah bahan kimia yang digunakan terutama sebagai pengawet dalam produk perawatan kulit. Setiap produk yang mengandung air sebagai bahan biasanya membutuhkan bahan pengawet untuk memperpanjang umur simpan dan mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Parabens adalah neurotoksin yang bisa berisiko membuat iritasi kulit.

Saat ini, banyak lembaga yang juga sedang menguji keamanan produk turunan paraben seperti propil, isopropil, butil, dan parabens isobutil. Rantai senyawa turunan dari paraben ini diduga dapat mengganggu sistem endokrin dan menyebabkan gangguan reproduksi ibu serta perkembangan anak.

Tanpa Phthalate

Zat kimia yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat tekstur pelembap menjadi lebih kental atau lebih licin. Phthalates memiliki sifat estrogenik yang menurut banyak penelitian dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Jika zat ini sampai ke kulit bayi, tentu risikonya akan lebih berbahaya.

Tanpa Pewangi

Carilah produk tanpa pewangi untuk menghindari masalah dengan alergi. Pilihlah produk beraroma alami yang menggunakan minyak esensial daripada bahan kimia. Tetapi, jika anak Anda sangat sensitif, hindari produk yang beraroma minyak esensial murni karena aromanya dapat menjadi sangat kuat.

Mengandung Butter

Butter dikenal sangat ampuh untuk melembapkan kulit. Sebaiknya Anda memilih produk pelembap yang terbuat dari bahan-bahan seperti shea butter dan minyak kelapa untuk membantu meredakan gatal pada kulit kering.

Itulah sejumlah tips dalam memilih pelembap kulit bayi yang aman bagi bayi. Namun, sebelum Anda menggunakan pelembab bayi pada seluruh tubuh si kecil, ada baiknya untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Anda bisa mengoleskan pelembap secara tipis-tipis pada lengan bayi dan tunggulah beberapa jam. Jika tidak muncul reaksi seperti bentol atau ruam, Anda bisa melanjutkan pemakaian produk tersebut.

*****

Nah, Anda bisa membeli pelembap kulit bayi di toko yang kredibel. Juga, Anda bisa membeli kebutuhan bayi lain seperti sayur dan buah di aplikasi yang terjamin, yakni Titipku. Sayur dan buah di sini segar-segar sehingga si kecil pun bisa mendapat nutrisi yang baik dari produk belanjaan dari Titipku. Mau? Download Titipku sekarang juga!

Tinggalkan Balasan