CARA MENYIMPAN BUAH-BUAHAN SUPAYA TETAP SEGAR

Titipku – Tau kah kamu  ternyata menyimpan buah tidak bisa dilakukan sembarang lho. Jika  disimpan tidak tepat maka buah akan cepat layu dan menjadi tidak segar? Nah simak yuk  cara menyimpan buah berdasarkan jenisnya dilansir dari berbagai sumber:

Cara Menyimpan Buah

Buah Apel dan Pir

Sebenarnya, menyimpan apel atau pir sangat mudah, cukup di dalam suhu ruangan. Namun, untuk menjaga kesegaran dan rasanya, lebih baik simpan di dalam kulkas.

Buah ini dapat memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding yang lainnya. Etilen adalah senyawa yang dapat membantu buah atau sayuran dalam proses pematangan.

Maka dari itu, jangan simpan buah tersebut saling berdekatan, karena bisa memicu buah lainnya cepat membusuk. Lebih baik kamu menggunakan wadah terpisah atau bisa juga membungkusnya dulu sebelum disimpan di kulkas.

Buah Mangga

Mangga juga bisa matang dengan sendirinya. Makanya banyak orang yang suka menjualnya saat masih mentah. Kamu yang suka makan mangga muda, langsung saja simpan di dalam kulkas.

Jika kamu menyimpannya dalam suhu ruangan, proses pematangannya bisa semakin cepat, kira-kira sekitar 3 hari. Mangga matang bisa bertahan hingga dua pekan di dalam kulkas. Namun, mangga yang sudah dikupas atau dipotong hanya dapat bertahan 2-3 hari di dalam kulkas..

Buah Semangka

Semangka sangat pas untuk memberikan kesegaran saat cuaca panas dan dehidrasi. Lebih baik kamu menyimpannya dalam kulkas agar tetap terasa manis dan segar.

Semangka utuh bisa bertahan selama 10 hari dalam suhu ruangan, sedangkan di dalam kulkas bisa hingga dua pekan. Sedangkan, untuk semangka potong, kamu harus membungkusnya seperti di supermarket sebelum masuk kulkas.

Tindakan tersebut bisa membuat semangka bertahan hingga tiga hari dan rasanya tetap terjaga.

Melon

Sama halnya dengan semangka, melon juga menjadi buah favorit di kala cuaca sedang panas terik. Simpanlah melon potong di dalam kulkas agar teksturnya terjaga, buah tidak lembek dan berair.

Sedangkan, melon utuh cukup disimpan pada suhu ruangan saja. Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), kandungan antioksidan dalam melon yaitu likopen dan betakaroten akan berkurang bila disimpan di dalam kulkas.

#dirumahaja

Buah-buahan di atas bisa kamu beli melaui aplikasi Titipku. Praktis banget lho, kamu tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Selain itu kamu juga bisa berbelanja produk lain seperti kerajinan yang 100% diproduksi oleh UMKM Indonesia.

Download aplikasi Titipku yuk!

 

Tinggalkan Balasan