Dibuang Sayang: Cara Menyimpan Makanan Sisa Lebaran

makanan sisa, makanan sisa lebaran, sisa makanan, cara menyimpan makanan sisa, tips menyimpan makanan sisa, sisa makanan disimpan
makanan sisa, makanan sisa lebaran, sisa makanan, cara menyimpan makanan sisa, tips menyimpan makanan sisa, sisa makanan disimpan
Sumber: Kompas.com

Salah satu pekerjaan rumah yang selalu dilakukan pasca-Lebaran adalah memikirkan cara menyimpan makanan sisa Lebaran.

Bagi sebagian Moms, masak banyak saat Lebaran adalah hal yang wajib. Mungkin karena rumahnya selalu dijadikan tempat kumpul keluarga besar. Akan tetapi, kadang hidangan yang dimasak terlalu banyak dan masih sisa pascaacara. Akhirnya, Moms harus berpikir cara menyimpan sisa makanan itu supaya bisa dimakan esok harinya.

Memakan hidangan yang dimasak kemarin itu sah-sah saja, asal cara menyimpan makanan dilakukan dengan benar dan cara menghangatkan makanannya juga tepat. Bagaimanapun, makanan sisa jangan dibuang. Itu adalah rezeki yang harus disyukuri.

Yuk belajar cara menyimpan makanan sisa Lebaran dari beberapa tips yang disampaikan oleh Popmama berikut ini!

Baca Juga: Lebaran 2022 Boleh Halal bi Halal, Tapi Harus Begini

 

Simpan Makanan di Kulkas

Suhu dingin dapat digunakan untuk menghindari makanan terpapar bakteri. Selain itu, udara dingin harus bersikulasi untuk menjaga kualitas makanan tetap baik.

Oleh karenanya, kulkas menjadi medium yang cukup efektif dalam mengawetkan makanan panas sisa Lebaran.

Kulkas merupakan salah satu tempat penyimpanan yang bisa digunakan untuk mendinginkan makanan. Sisa makanan yang didingingkan dalam kulkas bisa dimakan dua hingga tiga hari, sesuai dengan jenisnya.

Meski kulkas terbukti dapat mengawetkan makanan, Moms tetap harus memperhatikan batas hari menyimpan makanan ya. Jangan sampai Moms menyimpan makanan sisa Lebaran terlalu lama karena pasti sudah tidak bisa dimakan.

Beri Label Pada Kemasan Makanan yang Disimpan

Penting sekali untuk memberi label pada setiap jenis makanan sebelum melakukan penyimpanan. Tujuannya agar Moms memahami lamanya makanan yang telah disimpan.

Sebelum menyimpan makanan, tak ada salahnya untuk tuliskan dulu tanggal makanan dibuat. Jika perlu, tuliskan juga jenis makanan apa yang disimpan di dalam wadah.

Selain memberi label pada makanan, Moms juga dirasa perlu untuk melakukan tips berikut ini.

Pisahkan Makanan dari Bahan Lain

Bila Moms memiliki banyak masakan sisa namun berbeda-beda masakannya, pastikan tidak dicampur.

Haram hukumnya bila mencampur semua makanan dalam satu tempat, karena akan saling mengontaminasi.

Pisahkan makanan yang berbahan dasar sapi dan berbahan dasar ayam. Tujuannya agar rasa masakan tidak bercampur aduk menjadi satu.

Selain itu, bila Moms menyimpan makanan matang di kulkas/freezer, pastikan disimpan di wadah yang tertutup rapat ya. Hal ini untuk menghindari cross-contamination dengan bahan mentah yang berpotensi membuat makanan beracun.

Panaskan Makanan Sisa Hingga 75 Derajat

Makanan yang habis disimpan haruslah dipanaskan dahulu sebelum dihidangkan kembali. Untuk jenis masakan yang berkuah misalnya seperti sup harus dihangatkan sampai 75 derajat celcius atau sampai hangat dan mengepul.

Jika memanaskan menggunaknan microwave, coba gunakan wadah yang aman. Jangan sampai menggunakan wadah plastik, strerofoam, maupun wadah freezer.

Baca Juga: Resep Aneka Kue Kastengel untuk Sajian Lebaran

*****

Selain menyimpan makanan, Moms bisa membuat makanan menjadi tidak mubazir dengan membagikannya ke tetangga sesaat setelah acara selesai. Cara ini juga dapat mempererat tali silaturahmi, bahkan menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Nah jika Moms ingin mulai belanja kebutuhan pokok untuk membuat opor dari sekarang, belanja dari Titipku aja! Ingat, jelang Lebaran akan banyak pasar tutup jadi persiapkan bahannya sedari dini ya.

Dengan belanja di Titipku, Moms tak perlu repot datang ke pasar secara langsung. Semua pesanan Moms akan dipilihkan dan diantarkan oleh Jatiper Titipku yang handal dan ramah.

Ada promo gratis ongkir juga loh spesial untuk Moms!

Tunggu apa lagi? Ayo download Titipku di Google Playstore maupun Apple Appstore.

Baca Juga: Lebaran di Masa Pandemi (Lagi), Rayakan dengan Cara Ini

Tinggalkan Balasan