Lebaran di Masa Pandemi (Lagi), Rayakan dengan Cara Ini

lebaran di masa pandemi, halalbihalal, halal bihalal, idul fitri di masa pandemi

lebaran di masa pandemi, halalbihalal, halal bihalal, idul fitri di masa pandemi

Lagi-lagi tahun ini kita harus merayakan Idul Fitri atau Lebaran di masa pandemi dengan banyak keterbatasan. Keterbatasan tak bisa saling mengunjungi, keterbatasan tak bisa saling berjabat tangan sambil memohon maaf, dan keterbatasan dalam membuat acara yang menimbulkan kerumunan.

Meski demikian, sepertinya kita sudah berpengalaman melakukan perayaan Idul Fitri yang terbatas ini di tahun lalu. Artinya, kita bisa mereplikasi cara yang dilakukan tahun lalu di tahun sekarang.

Jika tidak, Bunda bisa melakukan beberapa tips perayaan Lebaran di masa pandemi berikut ini:

 

  • Kirim Kartu Ucapan

Hal pertama yang bisa Bunda lakukan adalah dengan mengirim kartu ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada sanak saudara. Bunda bisa memanfaatkan platform aplikasi berbagi pesan WhatsApp, Line, Telegram, dan lainnya. Atau Bunda juga bisa mengirimkannya melalui DM di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Untuk membuat kartu ucapannya juga dapat mengandalkan beberapa aplikasi desain gratis yang tersedia di Play Store (Android) atau App Store (iOS). Deretan aplikasi desain gratis antara lain Canva, PicArts, Sketchbook, Afterlight, dan lain-lain.

Selain kartu ucapannya bisa lebih keren, kegiatan ini juga bisa mengembangkan kemampuan Bunda loh dalam hal desain grafis sederhana. Jadi, Bunda juga bisa tetap up to date dan nggak ketinggalan dengan kemampuan anak muda.

  • Video Call

Proses tatap muka yang tidak bisa dilakukan secara langsung pun bisa Bunda siati dengan cara melakukan video call. Bagi Bunda yang ingin menghubungi satu per satu keluarga, maka WhatsApp, Telegram, Line, dan aplikasi berbagi pesan lainnya dapat menjadi alternatif. Namun kalau ingin berkumpul dengan keluarga besar secara virtual, Bunda dapat memanfaatkan aplikasi telekonferensi semisal Zoom dan Google Meets.

  • Nonton Bareng Virtual

Kebiasaan yang sering dilakukan saat kumpul keluarga antara lain ada menonton film bersama. Nah untuk tetap bisa melakukannya dari jarak jauh, Bunda bisa menggunakan aplikasi seperti Rave atau bahkan Netflix. Dengan menggunakan fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut, Bunda dapat terhubung dengan mudah dengan saudara dan menikmati keseruan film bersama-sama.

Nonton filmnya bisa saja terpisah daerah dan rumah, tapi film yang ditonton bisa sama. Usai menonton, Bunda bisa nih mendiskusikan filmnya bersama keluarga lewat chat/telepon grup.

  • Kirim THR online

Berbicara soal Lebaran nampaknya akan identik dengan keberadaan Tunjangan Hari Raya (THR). Pemberian hadiah ataupun kado di hari Lebaran saat ini tidak bisa dilakukan secara langsung. Namun Bunda bisa menggunakan berbagai aplikasi dompet digital untuk tetap bisa membagikan THR ke sanak saudara. Sejumlah dompet digital bisa menjadi alternatif untuk kirim THR online.

 

Nah, itulah tadi beberapa tips merayakan Lebaran di masa pandemi yang bisa bUnda lakukan. Yang jelas, kegiatan ini aman karena tidak menimbulkan kerumunan dan minim kontak langsung, sehingga Bunda tidak perlu khawatir akan terpapar virus.

Akhir kata, kami segenap Tim Titipku mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi Bunda sekeluarga yang merayakan. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga berkah dan sukacita Idul Fitri selalu menyertai kita semua.

 

Sumber: https://nextren.grid.id/read/012663066/5-tips-lebaran-online-di-rumah-aja-siati-larangan-mudik-2021?page=all

 

Tinggalkan Balasan