Perhatikan Cara Olah Santan Agar Tak Pecah

santan, santan kelapa, santan tak pecah, tak pecah, pecah, santan kelapa tidak pecah, santan tidak pecah, tidak pecah

santan, santan kelapa, santan tak pecah, tak pecah, pecah, santan kelapa tidak pecah, santan tidak pecah, tidak pecah

Kadang kita sering mendengar ibu kita bilang santan bisa pecah. Waktu MinTip kecil, MinTip bertanya bagaimana benda cair bisa pecah? Rupanya itu adalah istilah untuk menyebut kondisi di mana kandungan lemak pada santan terpisah sehingga menyebabkan rasanya menjadi hambar.

Nah, kira-kira bagaimana cara memasak santan supaya tidak pecah? Simak tipsnya yang dikutip dari Merdeka.com berikut ini.

 

  1. Masak dengan Api Kecil

Cara memasak santan agar tidak pecah yang pertama adalah dengan memasak dengan api kecil. Saat memasak dengan santan, sebaiknya panaskan dengan api kecil. Suhu terlalu tinggi akan membuat kandungan lemak cepat terolah dan berisiko terpisah dari santan. Pada masakan berkuah, masukkan santan pada tahap terakhir. Dalam kondisi ini, semua bahan masakan sudah hampir matang dan jadikan santan sebagai sentuhan terakhir. Masukkan santan, aduk hingga mendidih, lalu matikan api.

  1. Terus Diaduk

Cara memasak santan agar tidak pecah berikutnya adalah dengan terus diaduk saat dimasak. Agar santan tidak rusak, jangan tinggalkan masakan bersantan begitu saja. Usahakan untuk terus mengaduk agar santan masak dengan merata. Aduk seperti mengaduk masakan biasa atau aduk dari tengah ke arah luar. Cara ini diambil karena umumnya bagian tengah panci lebih panas daripada bagian tepi.

  1. Jauhkan dari Bahan Pangan Mengandung Asam

Cara memasak santan agar tidak pecah yang berikutnya adalah dengan menjauhkan santan dari bahan pangan yang mengandung asam. Santan merupakan bahan pangan yang sensitif terhadap asam. Saat santan bertemu asam, santan akan mudah rusak.

  1. Gunakan Santan dalam Kemasan

Saat ini sudah banyak produk santan kemasan yang dijual di pasaran. Penggunaan santan dalam kemasan juga minim risiko pecah atau menggumpal. Jadi, jika Anda belum pernah mengolah santan sebelumnya, sebaiknya gunakan santan dalam kemasan.

  1. Tambahkan Tepung Beras

Agar tak pecah, santan juga bisa dicampur dengan tepung beras. Sebelum santan dimasukkan ke dalam masakan, campur santan dengan sedikit tepung beras. Aduk hingga merata dan larut sempurna. Adanya tambahan tepung beras mampu menyatukan santan dengan kuah masakan. Campuran sedikit tepung beras tidak akan mengubah rasa masakan.

*****

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar santan tidak pecah saat dimasak. Nah, bagi Anda yang ingin membeli santan dalam kemasan, Anda bisa membelinya #DariRumah pakai aplikasi Titipku. Banyak pedagang pasar yang menjual produk ini kok, jadi jangan bingung mencarinya. Klik di sini untuk download aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan