Cara Simpel Menghilangkan Kantung Mata

Jika kamu adalah pecinta sepak bola atau pekerja keras, maka tentunya kamu sering begadang. Risiko dari keseringan begadang adalah munculnya kantung mata. Kantung mata atau biasa disebut juga mata panda merupakan salah satu hal yang paling sering nampak ketika kita kurang tidur. Penyebab kondisi inisendiri tidak melulu hanya karena kurang tidur, konsumsi alkohol yang berlebihan, kurang minum air mineral, kurang vitamin, kurang mengonsumsi sayuran, anemia, merokok, bahkan karena faktor genetik pula.

Kantung mata berpengaruh terhadap penampilan fisik, dan hal ini terkadang menyebabkan kita tidak percaya diri. Kantung mata kendur yang membentuk kerutan atau kantung mata yang besar akan membuat wajah kita seolah-olah nampak lesu, tidak bersemangat, dan tidak bergairah.

Mengutip dari Merdeka.com, kamu bisa menghilangkan kantung mata dengan cara simpel berikut ini:

 

  • Cukup Minum Air Mineral

Salah satu faktor penyebab munculnya kantung mata adalah kurang minum air mineral. Oleh karena itu cara menghilangkan kantung mata yang alami dan sederhana adalah jangan lupa untuk minum delapan gelas air mineral setiap harinya.

Selain rutin menghidrasi tubuh, ada baiknya kamu juga mengindari konsumsi alkohol ataupun minuman yang mengandung kafein agar kantung mata hilang. Dua jenis minuman ini dapat mengurangi proses penyerapan cairan dalam tubuh, sehingga membuat tubuh mengalami dehidrasi. Itulah mengapa, di sejumlah café, pelayan akan memberikan segelas air putih sebagai pendamping kopi. Tujuannya, untuk menetralkan rasa pahit kopi dan untuk menghidrasi tubuh.

Baca Juga: Bahaya Sekolah Online Bagi Kesehatan Mata Anak

 

  • Menggunakan Mentimun

Menempelkan irisan mentimun pada area mata, tentu saja merupakan cara menghilangkan kantung mata yang sudah diketahui banyak orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan mata. Adanya kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat segar.

Dalam mentimun terdapat pula sifat astrigen yang berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit. Dengan menaruh seiris mentimun di mata, maka akan membantu mengurangi kantung mata besar yang hitam yang mengganggu tampilan.

Untuk menggunakan metode timun, pertama-tama kamu perlu mengiris mentimun setebal 0,5 centimeter. Setelah itu, rebahkan badan dan tempelkan irisan mentimun pada mata. Tunggu selama 30 menit lalu lepas mentimun dari mata.

Baca Juga: Mata Tegang Karena Menatap Layar, Hindari dengan Cara Berikut

 

  • Menggunakan Es Batu

Menempelkan es batu ke area sekitar mata sendiri merupakan metode perawatan kantung mata yang sangat murah dan paling gampang diperoleh. Es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada jaringan kulit.

Untuk menerapkan metode ini sangatlah mudah. Cukup ambil es batu seperlunya, balut dengan handuk atau masukkan ke dalam kantung plastik, kemudian oleskan pada kantung mata. Oleskan secara perlahan dan berkala selama 30 menit.

 

  • Menggunakan Sendok Dingin

Menghilangkan kantung mata menggunakan sendok dingin terdengar aneh dan tidak umum. Tapi nyatanya hal tersebut cukup manjur. Tentu saja yang digunakan adalah sendok logam, bukan sendok bebek plastik. Sifat dingin dari sendok logam rupanya dapat membantu kulit bagian bawah mata agar lebih rileks.

Cara menerapkan metode ini adalah dengan masukkan sendok ke dalam lemari es atau masukkan sendok ke dalam air dingin selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, gosokkan sendok di area bawah mata dengan menekannya secara perlahan ke arah luar. Kamu bisa melakukannya secara bersamaan menggunakan 2 sendok. Lakukan pijatan ringan tersebut selama 15 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukanlah rutin menjelang tidur.

Cara menggunakan sendok dingin terbilang semudah es batu, sebab sendok logam adalah produk wajib yang dimiliki tiap rumah tangga. Cara ini juga tidak hanya efektif menghilangkan kantung mata, tapi juga dapat mengurangi kelebihan cairan yang banyak ditemukan di dalam jaringan, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit, serta mengurangi garis halus yang tampak atau keriput.

 

  • Menggunakan Kantung Teh

Kantung teh memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya bisa menjadi satu alternatif cara menghilangkan kantung mata yang cepat. Kandungan tanin yang ada dalam kantung teh dapat menyempitkan pori-pori kulit dan mengencangkannya secara alami.

Untuk menggunakan cara ini, pertama-tama kamu perlu menyiapkan dua kantung teh bekas. Teh yang digunakan bisa teh biasa atau teh hijau. Celupkan kedua kantung teh tersebut ke air dingin selama 10 menit. Jika sudah, tempelkan kantung ke area mata yang memiliki kantung mata tebal atau mata menghitam. Diamkan selama 20 menit kemudian lepas kantung teh dan bilas mata dengan air sampai bersih

 

 

Nah, itulah cara-cara mudah yang dapat kamu lakukan menggunakan alat-alat sederhana sebagai cara menghilangkan kantung mata. Kamu bisa melakukannya secara berkala untuk menghindari kantung mata muncul lagi di kemudian hari.

Jika kamu membutuhkan kantung teh atau mentimun, kamu  bisa membelinya di Titipku loh. Titipku merupakan aplikasi belanja online yang siap memenuhi kebutuhan harianmu seperti sayuran, daging, sembako, obat-obatan, pakaian, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Download aplikasi Titipku di Playstore sekarang!

Tinggalkan Balasan