Mata Tegang Karena Menatap Layar, Hindari dengan Cara Berikut

Dari belajar hingga bekerja, sekarang ini hampir semua kegiatan dilakukan secara daring. Kita yang sudah terbiasa menatap layar untuk menyelesaikan pekerjaan, menjadi lebih lama menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop. Akibatnya, mata pun bekerja lebih keras dari biasanya. Kamu pun akan cenderung mengalami mata tegang atau computer vision syndrome.

Computer vision syndrome adalah salah satu jenis ketegangan mata yang disebabkan oleh terlalu lama menggunakan atau menatap layar digital. Computer vision syndrome dapat menyebabkan mata lelah, mata kering, dan juga sakit kepala. Mengalami computer vision syndrome bukan berarti kamu tidak dapat menatap layar digital lagi. Peruabahan gaya hidup dan cara menatap layar dapat memberikan dampak yang berarti. 

Apa Itu Computer Vision Syndrome?

Computer Vision Syndrome (CVS) adalah kondisi yang mengakibatkan beberapa masalah mata dan penglihatan seperti mata tegang dan lelah, pusing, pandangan kabur, mata kering, dan mata merah dan gatal. Hal ini disebabkan karena terlalu focus pada layar digital dalam waktu yang lama. Layar digital yang dimaksud meliputi komputer atau laptop, smartphone, dan perangkat electronic readers

Ketika menatap layar digital, mata kita harus bekerja lebih keras untuk dapat fokus karena teks atau tulisan pada layar digital tidak setajam dan sejelas tulisan di atas kertas. Selain itu, layar digital juga cenderung lebih silau, membuat mata kita menjadi lebih sulit untuk fokus. 

Meringankan Ketegangan Mata

Kamu dapat mengurangi dan juga mencegah ketegangan mata dengan mengubah cara menggunakan dan menatap layar digital. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Sesuaikan Layar Laptop atau Komputer

Posisikan layar komputer 50-70 cm dari mata. Duduk dan menatap layar terlalu dekat dapat meningkatkan resiko mata tegang. Usahakan untuk memposisikan layar lebih rendah dari eye level sekitar 10 cm. Kamu dapat memundurkan layar laptop lebih jauh ke belakang kurang lebih 10-20 derajat. Pastikan juga untuk tidak mendongak atau menundukkan kepala untuk menatap layar

  • Berkedip Lebih Sering

Berkedip dapat mencegah mata kering dengan melembapkan mata. Ketika kamu jarang berkedip, mata akan menjadi lebih cepat kering dan iritasi. Menatap layar digital dapat membuatmu berkedip lebih jarang. Ingatlah untuk selalu berkedip ketika menatap layar. Jangan lupa untuk beristirahat ketika sudah menatap layar terlalu lama. 

  • Sesuaikan Postur Tubuh

Postur tubuh yang tidak sesuai dapat meningkatkan resiko mata menjadi tegang. Kamu perlu mengatur meja kerja agar tetap menjaga postur tubuh yang benar ketika duduk di meja kerja. Postur tubuh yang benar yaitu duduk dengan tegak; menjaga bahu agar tetap rileks, posisikan layar sedikit di bawah eye level, gunakan kursi dengan tinggi yang tepat dan dapat menopang tulang belakang dengan nyaman. 

Baca Juga: Bahaya Sekolah Online Bagi Kesehatan Mata Anak

  • Istirahatkan Mata dari Layar

Faktor yang sangat berpengaruh bagi computer vision syndrome adalah penggunaan layar digital secara terus menerus. Untuk mengurangi resiko ini, kamu dapat mengistirahatkan mata secara teratur dengan beberapa cara:

Ikuti Aturan 20-20-20: Lihat sesuatu sejauh 20 kaki (6 meter), selama 20 detik, setiap 20 menit sekali. 

Istirahat selama 15 menit: Setelah menggunakan layar digital selama 2 jam, kamu perlu mengistirahatkan mata selama 15 menit dengan cara menatap suatu objek yang lebih jauh dari layar komputer agar mata dapat rileks.

Lakukan kegiatan non-layar: Ketika beristirahat, usahakan untuk tidak menatap layar lainnya seperti smartphone. Kamu dapat melakukan kegiatan lain seperti menyusun file atau berjalan-jalan santai. 

*****

Kesehatan mata juga perlu dijaga dengan mengonsumsi buah dan sayur segar. buah dan sayur bisa dibeli #DariRumah pakai Titipku!

Belanja ke pasar sekarang jadi lebih mudah lewat Aplikasi Titipku. Ada promo ASIK30 selama 24 – 28 Maret 2021 yang bakal kasih kamu Diskon 30% (maksimal Rp30.000).

Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku

Tinggalkan Balasan