Cloth Mask: Model Masker Kain Keren untuk Kamu yang Berkacamata!

Titipku – Masker kain kini mulai banyak diproduksi di toko-toko ataupun usaha rumahan. Beragam model masker kain dengan corak dan warna yang menarik tersedia, dari motif batik, bunga-bunga, tribal, abstrak, sampai tokoh kartun. Kamu juga bisa ikut memesan kepada produsen masker kain atau justru menjahitnya sendiri di rumah. Dengan berbekal alat jahit seadanya dan kreasi kain warna-warni yang sudah tidak terpakai, kamu bisa membuat sendiri masker kain sesuai dengan keinginan.

Akan tetapi, bagi yang berkacamata, mengenakan masker kain memiliki kendala tersendiri, terutama jika model yang dipakai adalah earloop. Terkadang, saat ingin melepas masker kain dari telinga, kacamata juga ikut terlepas. Hal ini tentunya berpotensi merusak bagian tangkai kacamata. Disamping itu, masker kain yang digunakan juga harus sesuai standar lho.

Masalah lain yang timbul adalah kacamata menjadi berembun saat mengenakan masker. Ini juga menjadi berbahaya karena mengganggu penglihatan. Bahkan, masalah ini bisa lebih fatal lagi jika terjadi saat berkendara karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Sumber: Unggahan Instagram @dianarikasari

Diana Rikasari, seorang desainer yang memperkenalkan metode upcycling fashion  pada beberapa produknya, menciptakan model masker kain yang unik untuk kamu yang berkacamata. Model ini berbeda dengan masker kain pada umumnya. Tidak ada tali pengikat ataupun tali elastik untuk disematkan pada telinga. Masker kain yang diberi nama Cloth Mask ini bisa dikenakan dan dilepas bersamaan dengan kacamata. Dengan Cloth Mask ini, kamu juga bisa tetap bergaya walau pakai masker. Penasaran? Yuk, intip pola desainnya berikut ini.

Sumber: Unggahan Instagram @dianarikasari

Masker kain model ini bisa dijahit dengan tangan, jadi tak perlu khawatir kalau kamu tidak mempunyai mesin jahit di rumah untuk membuatnya. Cukup mengikuti pola seperti yang sudah dicontohkan kemudian jahit tiap bagian sisinya. Kalau memilih kain polos sebagai medianya, kamu bisa memberi sentuhan aksesori lain seperti kancing, patch, atau sulaman pada bagian muka masker. Semua bisa disesuaikan tergantung selera kamu.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan bagian tangkai kacamata ke sisi samping masker yang berongga. Kemudian, kamu bisa memakai dan melepas masker dan kacamata sekaligus. Sangat mudah, bukan? Cek juga cara mencuci masker kain disini.

#dirumahaja

Kalau kamu membutuhkan kain sebagai media untuk membuat masker, tak perlu bingung. Unduhlah aplikasi Titipku dari telepon pintarmu. Di Titipku, terdapat banyak lapak pedagang UMKM yang menyediakan berbagai jenis kain dengan motif dan warna. Sembari berduduk santai di rumah, kamu bisa memesan secara daring dan menunggu pesanan kamu tiba. Dengan berbelanja di Titipku, kamu juga ikut andil dalam membantu pegiat UMKM yang terkena dampak ekonomi dari virus korona.

Ini dia beberapa UMKM yang menjual kain:

  1. Toko Gunung Sewu https://titipku.page.link/GcyN
  2. Toko Tekstil Rahayu https://titipku.page.link/J8fU
  3. Batik Widya Kusuma https://titipku.page.link/TX1E 
  4. Toko Kain Sinar Jaya https://titipku.page.link/31sB
  5. Toko Alisan Jaya https://titipku.page.link/ZMLS

—–  Dengan membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis Anda telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa membantu para pegiat UMKM langsung melalui donasi. Berkolaborasi dengan Kitabisa, Titipku melakukan penggalangan dana paket sembako yang akan dibagikan kepada pelaku UMKM yang terdampak Corona di wilayah Jakarta dan Yogyakarta. Klik di sini untuk turut berpartisipasi.

Tinggalkan Balasan