Masker Kain juga Harus Sesuai Standar, Lho!

Titipku – Seiring dengan imbauan yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masker menjadi barang wajib yang dipakai saat bepergian ke luar rumah demi mengurangi resiko penyebaran virus korona. Masker yang pada mulanya lebih diutamakan untuk pasien dan tenaga kesehatan, kini diharapkan dapat dipakai oleh semua kalangan. Terhitung sejak 6 April 2020, Presiden Joko Widodo secara resmi mewajibkan setiap masyarakat untuk mengenakan masker ketika berkegiatan di luar rumah.

Sejak dikeluarkan aturan resmi tersebut, permintaan masker kian melonjak. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah masker medis tetap diutamakan bagi pasien dan tenaga kesehatan, seperti dokter, perawat, dan petugas apotek. Adapun masyarakat yang tidak bekerja pada sektor kesehatan dan masih harus bekerja di luar rumah, disarankan untuk memakai masker nonmedis ataupun masker kain. Hal ini dimaksudkan agar masker medis serta APD atau alat pelindung diri tetap digunakan pada jalur yang tepat, yaitu dikhususkan untuk tenaga kesehatan.

Penggunaan Masker Kain

Dilansir dari halaman m.detik.com, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan bahwa meskipun tingkat efektivitas masker kain lebih rendah dari pada masker medis, penggunaan masker kain dinilai efektif untuk mencegah penularan virus korona. Masker kain dapat menahan percikan air liur atau droplet yang menjadi salah satu jalan persebaran virus COVID-19. Lebih lanjut, masker kain juga mempunyai kriteria tertentu yang sesuai dengan standar kesehatan agar penggunaannya benar-benar efektif dalam menahan persebaran virus COVID-19.

Dikutip dari kompas.tv, Ketua Tim Pakar Percepatan Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adiasasmito menunjukkan sebuah masker kain polos melalui tayangan Youtube BNPB Indonesia. Masker kain tersebut terdiri dua lapis kain yang dijahit dan pada bagian tengah dapat diselipkan tisu sebagai filternya. Tisu lebih disarankan sebagai filter karena mudah didapat. Selain tisu, filter masker juga bisa diperoleh di toko-toko alat kesehatan yang menyediakannya. 

Wiku juga menyatakan bahwa menurut hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen. Masker kain sendiri dapat dipakai secara berulang dengan catatan selalu mencucinya dengan air panas setelah selesai dikenakan pada satu waktu. Dengan begitu, akan lebih baik jika masing-masing orang memiliki stok masker kain lebih dari satu. Terkait bahan yang digunakan untuk dijadikan sebagai masker kain, lebih diutamakan katun karena tidak terlalu tipis ataupun tebal sehingga nyaman untuk dipakai.

Untuk mendapatkan masker kain, masyarakat dapat membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah ataupun membelinya langsung kepada pelaku UMKM. Banyak pelaku UMKM yang kini beralih sektor untuk sementara waktu dengan ikut memproduksi masker kain. Bagi masyarakat yang belum mempunyai masker kain, tidak perlu khawatir untuk pergi keluar karena kini ada Titipku sebagai aplikasi daring yang dapat digunakan dari rumah. Aplikasi Titipku hadir dengan tampilan yang sederhana dan mudah dioperasikan. Masyarakat dapat menemukan berbagai masker kain hasil produksi para pegiat UMKM dengan berbagai motif dan tentunya sudah sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh pemerintah. Yuk, pakai masker dan putus mata rantai persebaran COCID-19!

#DIRUMAHAJA

Beragam masker kain bisa Anda beli melalui aplikasi Titipku. Terdapat banyak UMKM Indonesia yang memproduksi masker kain untuk melindungi diri dari COVID-19. Klik link dibawah ini untuk melihat produknya ya!

  1. Masker Batik Delicia https://titipku.page.link/W64H
  2. Masker Kain Murah Meriah https://titipku.page.link/gucz
  3. Rumah Kreasi https://titipku.page.link/kDep
  4. HCS Garment https://titipku.page.link/Txyd
  5. Good Tees https://titipku.page.link/WY7p
  6. Kios Sembako Mas Nahdi https://titipku.page.link/v5VG
  7. Afri Masker https://titipku.page.link/SNEm
  8. John Masker https://titipku.page.link/qhs8
  9. Masker Korea https://titipku.page.link/QSRb
  10. Masker Home Made https://titipku.page.link/VHva

Titipku  menyediakan berbagai produk UMKM yang mudah Anda temukan di sekeliling lokasi Anda. Segera pesan masker Anda sebelum kehabisan! Caranya mudah, download aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku. Masker yang dijual merupakan produksi UMKM lho!

—–  Dengan membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis Anda telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Tinggalkan Balasan